Cara Memakai Lulur yang Benar, Perhatiin Ya..

Cara memakai lulur yang benar harus diperhatikan lho. Kalo yang kamu lakukan keliru, justru nggak akan mendapatkan hasil maksimal. Cek!

Lulur atau body scrub sejak dulu kala sudah para wanita untuk perawatan tubuh. Sejak Nusantara masih terbentuk dari berbagai kerajaan, setiap kerajaan punya ramuan lulur yang khas dan berbeda-beda. Meskipun terbuat dari bahan yang berbeda-beda, tetapi manfaatnya sama. Yaitu mengangkat sel kulit mati, mempercerah dan memperhalus kulit. Jika dilakukan dengan pijatan-pijatan, manfaatnya bertambah. Tambahan manfaatnya membuat tubuh lebih rileks. Nah, cara memakai lulur yang benar sangat dianjurkan. Agar manfaat tergayuh secara maksimal, coba ya. 

1. Pilih lulur sesuai kebutuhan

Saat ini produk lulur banyak dijual di pasaran. Berbagai jenis dan manfaat yang ditawarkan. Jadi, selain mengetahui cara memakai lulur yang benar, kamu juga harus memilih jenis lulur sesuai kebutuhan. Misalnya, karena musim kemarau dan jenis kulitmu jadi tambah mengering, pilih deh lulur yang melembabkan dan mencerahkan. Sebaliknya, saat musim penghujan pilih lulur sesuai dengan kebutuhan kulitmu pada saat itu. 

Pahami juga bahwa lulur scrub dan masker itu berbeda. Lulur scrub adalah lulur yang mengandung butiran. Butiran ini bermanfaat mengangkat sel kulit mati. Sedangkan lulur masker itu seperti masker yang lembut dan cara memakai lulur yang benar dengan membiarkannya mengering. 

2. Mandi sebelum luluran

Cara memakai lulur yang benar, pertama kali kamu harus membersihkan tubuhmu dulu dengan sabun antiseptik. Mandi dengan sabun antiseptik dapat membersihkan kotoran, bakteri dan keringat. Keringkan tubuhmu setelah mandi.

3. Aplikasikan body oil atau minyak zaitun

Sabun antiseptik bisa membuat kulit kering. Untuk menanggulangi akibat ini, aplikasikan body oil atau minyak zaitun ke seluruh bagian tubuhmu. Ini bisa membantu agar kulit tetap lembab. Cara memakai lulur yang benar ini mesti berurutan ya. Jika tidak, nanti justru malah nggak menunjukkan efek yang signifikan. 

Lulur scrub dan masker (larsfamrecipes.wordpress.com)

4. Oleskan lulur pada tubuh

Olekan lulur pada tubuh setelah mengaplikasikan minyak zaitun. Jika kamu menggunakan lulur scrub, diamkan sejenak hingga setengah kering. Ingat, jangan hingga betul-betul kering. Karena jika dibiarkan hingga betul-betul kering kamu akan kesusahan melakukan eksfoliasi atau pemijatan. Tuh kan, cara memakai lulur yang benar itu nggak seperti yang dikira banyak orang.

5. Lakukan pemijatan atau eksfoliasi

Cara memakai lulur yang benar berbentuk scrub harus dilakukan pemijatan atau eksfoliasi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kalo scrubbing bermanfaat mengangkat sel kulit mati biar kulitmu segar kembali. Selain itu, bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Plusnya lagi bisa mengurangi selulit. Kan? Nggak percuma kamu melakukannya dengan benar.

Memakai body oil (ayurmantra.com)

6. Bilas hingga bersih

Setelah melakukan pemijatan, biarkan sebentar agar kandungan nutrisi pada lulur terserap sepenuhnya oleh kulit. Terakhir, kamu perlu membilasnya dengan air. Catatan penting buat kamu, cara memakai lulur yang benar nggak usah memakai sabun setelahnya. Sesudah benar-benar bersih, keringkan tubuhmu dengan handuk yang lembut.

Nggak susah kan cara memakai lulur yang benar itu? Lakukan secara berurutan ya, biar cantikmu jadi lebih maksimal. 

Memakai lulur scrub (alchemy-holostics.com)