Hari Batik Nasional Udah Lewat, Yuk Simak Idol Korea yang Suka Kain Ini

Hari Batik Nasional sudah dirayakan kemarin. Biar kamu makin bangga, yuk simak deretan idol Korea yang suka mengenakan batik.

9 tahun lalu, badan PBB yang fokus di bidang pendidikan, keilmuan dan kebudayaan menetapkan batik Indonesia sebagai warisan leluhur. Dalam keterangannya, batik adalah warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi.

Oleh karena itu, setiap tanggal 2 Oktober, pemerintah Indonesia pun menetapkannya sebagai Hari Batik Nasional. Di hari ini, seluruh masyarakat merayakan batik sebagai peninggalan leluhur. Berbagai kalangan memakainya, dengan kreasi dan fashion berbagai macam.

Di hari batik nasional ini, kita sebagai masyarakat Indonesia bisa melihat dan merasa bangga, batik menjadi primadona. Nggak hanya di negeri sendiri saja, juga di luar negeri sana.

Sudah banyak menyebar di media sosial pun media massa, betapa artis luar negeri begitu kagum dengan kain asli Indonesia ini. Banyak pula dari mereka yang nggak segan atau malu untuk menggunakan batik di berbagai acara. Mulai dari jalan bareng teman, tampil di panggung hiburan, pun untuk acara resmi dan formal.

Batik Indonesia (ellydastore.com)

Nggak ketinggalan, begitu pula dengan idol K-Pop. Ada juga yang bahkan menggunakan batik untuk konser menghibur penggemar. 

Nggak keliatan norak atau aneh, kok. Bahkan, para idol K-pop ini terlihat makin kece saat memakai batik.

Batik di acara New York Fashion Festival (bellanyc.com)

Yah, meskipun hari batik nasional sudah lewat, kebanggaannya nggak akan bisa kita lupakan, ya. Dan biar kamu makin bangga, tim Paragram merangkum 7 idol dan seleb Korea yang senang memakai batik. 

Siwon Suju

Member dari boyband K-Pop Super Junior ini dikenal sangat dekat dan ramah dengan Elf Indonesia. Kalian tentu masih ingat kan bagaimana penampilan dan hubungannya dengan para artis tanah air.

Member EXO-L mengenakan batik (youtube.com)

Salah satunya ya saat berada di balik panggung Closing Ceremony Asian Games 2018 kemarin. Lalu juga saat delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo mengunjungi Korea Selatan.

Siwon dan member Super Junior foto bersama Presiden Indonesia Joko Widodo (instagram @siwonchoi)

Dalam kesempatan itu, Siwon tampil ramah menyapa presiden maupun selebritis Indonesia yang turut serta. Dan ternyata, Siwon juga pernah mengenakan batik saat konsernya, lho.

Meski nggak memakainya untuk memperingati hari batik nasional, namun gaya busana Siwon bisa membuktikan satu hal. Dan satu hal itu adalah batik bisa digunakan dalam berbagai acara. Keren dan kece, ya. 

Day6

Kalo ini bukan boyband Korea. Tapi mereka tetaplah idol yang memiliki banyak penggemar. Kelompok musik rock dari Korea Selatan ini merupakan bentukan darii agensi JYP Entertainment.

Siwon mengenakan batik saat konser. (youtube.com)

Saat fanmeeting dengan tajuk Day6 Live & Meet in Jakarta yang diadakan bulan Agustus lalu, seluruh anggotanya bahkan menggunakan batik! Memang bukan saat momen hari batik nasional, namun foto mereka berjejer mengenakan batik juga menjadi sorotan netizen. Kayak siap kondangan, cuy!

Sehun EXO

Saat tampil di acara musik yang diselenggarakan di Korea Selatan, SBS Inkigayo, penampilan salah satu member EXO menyita penggemar dari Indonesia. 

Day6 mengenakan batik (twitter @0430yeah)

Pasalnya, pada penampilan boyband Korea tahun lalu ini, Sehun tampil mengenakan batik berwarna coklat. Membawakan dua buah lagu berjudul 'The Eve' dan 'Ko Ko Bop'. Kita bisa melihat kok, batik seperti nggak menghalangi mereka untuk bergerak bebas dalam aksi panggungnya.

Sehun EXO (twitter @putri_sehunie)

So, gimana? idol Korea aja bisa bangga dan nyaman mengenakan batik Indonesia. Semoga kalian makin bersemangat untuk mengenakan kain warisan leluhur Indonesia ini, ya.

Sehun EXO (twitter @putri_sehunie)