Susah Tidur di Malam Hari? Ini Cara Ampuhnya

Susah tidur di malam hari emang gak enak banget. Kita bakal kelimpungan keesokan harinya ketika beraktivitas karena kantuk. Sebenarnya ada beberapa cara untuk pencegahanya biar gak kayak gitu.

Susah tidur di malam hari suka ganggu banget ya. Apalagi kalo kamu tipikal orang yang punya banyak aktivitas di siang hari. Kamu bakalan kewalahan banget deh karena rasa kantuk akan mengakibatkan menurunnya kinerja dalam tiap aktivitas kita.

Ada beberapa cara sebenarnya biar kamu bisa mengatasi hal tersebut. Apa aja ya kira-kira penyebab kamu susah tidur di malam hari? Simak dulu lucu kali ya~?

1. Melakukan aktivitas yang membuatmu lelah

Salah satu penangkal kamu susah tidur di malam hari ya melakukan pekerjaan yang bikin kamu ekstra lelah. Karena emang cuma itu satu-satunya cara biar kamu bisa mengatasi kesusahan tidur di malam hari. 

Melakukan aktivitas yang membuat kamu lelah terrnyata bisa membuat kamu cepat tidur loh gengs. 

Semua itu disebabkan karena banyak mengeluarkan tenaga dan hasrat ingin istirahat kita menguat. Sehingga dapat membuat kamu merasa kelelahan dan pastinya kepingin tidur pulas.

2. Tidak mengonsumsi obat tidur tanpa resep dokter

Walau susah tidur di malam hari, jangan sekali-kali kamu mengonsumsi obat tidur. Karena itu bakal mengakibatkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh kamu. 

Ketika kamu ketergantungan mengonsumsi obat tidur, kamu bakalan kerepotan tidur kalau gak pake obat, dan juga dosis dari obat yang kamu gunakan bakal terus meningkat. Jadi amannya sih jangan pernah konsumsi obat tidur tanpa seizin dokter ya gengs. Pake yang alami lebih bagus.

Menyibukkan diri adalah langkah yang tepat agar tidur teratur (sport-egger.com)

3. Tidak tidur siang terlalu lama

Kenapa sih gak boleh tidur siang lama-lama? Soalnya tubuh kita sudah merasa cukup tidur. Kalo begini ya bakal susah bobo malem gengs.

Tidur di siang hari emang salah satu penyebab susah tidur di malam hari. Oleh sebab itu harus kalian sadari bahwa tidur terlalu lama bukanlah hal yang bagus. Tidur siang yang sehat bagi tubuh kita adalah sekitar 10-20 menit aja gengs. 

Perlu digarisbawahi nih, kalo tidur siang terlalu lama bisa mengakibatkan berbagai penyakit juga, loh! Contohnya nih ya, kayak sindrom metabolik. Ini adalah sebuah kondisi tubuh yang berkaitan erat dengan tingginya tekanan darah, tingginya kadar lemak di dalam tubuh, tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh, dan juga tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Ternyata kebanyakan tidur siang berbahaya ya.

4. Tidak minum kopi berlebihan

Pasti kalian sudah tau alasannya kan? Apa alasan kamu susah tidur di malam hari kalau bukan karena minum kopi? Ya gak?

Umumnya, kopi mengandung kafein yang meningkatkan kinerja jantung dan otak sehingga kesiagaan tubuh kita bakal meningkat. Hal tersebut yang membuat mata lebih tahan lama untuk terjaga. Dan perlu kamu ketahui, kalau kita  minum kopi secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita, loh. 

Berbagai penyakit bakalan menyerang dan juga bisa mengakibatkan kematian. Jadi jangan konsumsi kopi secara berlebihan ya guys, minum yang pas-pas aja lah.

Tidur siang lama-lama akan berakibat buruk pada kesehatan (overallhealth.in)

5. Tidak begadang atau sengaja untuk tidak tidur

Susah tidur di malam hari bisa disebabkan karena begadang. Ya iya sih.... Umumnya remaja kayak kita pasti ya suka begadang karena melakukan hal yang kurang bermangfaat di saat malam. 

Contohnya bermain game (Mabar & Push Rank), menunggu hingga tengah malam untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada sang kekasih, dan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu, kurangi aktivitas begadang yang gak berguna. Bisa-bisa malah jadi kebiasaan yang buruk sehingga bikin kamu tidak bisa tidur saat waktu malam. So, Jangan begadang ya gengs!

Itu tadi beberapa penyebab dan solusi yang bisa kamu terapkan di rumah agar terhidar dari masalah susah tidur di malam hari. Good luck ya gengs.

Begadang menjadi penyebab utama kita sulit tidur (blogs.opera.com)