Sederet Manfaat Rebusan Air Nanas, Bisa Bantu Ilangin Radikal Bebas!

Sederet Manfaat Rebusan Air Nanas, Bisa Bantu Ilangin Radikal Bebas!

Buah nanas merupakan salah satu tanaman buah yang banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis. Buah nanas secara umum memiliki rasa yang asam terkadang bercampur legit yang membuatnya terasa begitu segar.

Selain sebagai buah-buahan, nanas sering dijadikan campuran untuk masakan. Nanas sering digunakan sebagai acar, di atas pizza, ada pula beberapa orang yang memasak sup dengan menambahkan nanas di dalamnya.

Nanas  mengandung enzim bromelain yang membantu melancarkan sistem pencernaan. Enzim bromelain juga membantu mempercepat metabolisme tubuh, sangat baik untuk orang-orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan. Selain itu, nanas juga dibekali sifat anti-inflamasi.

Manfaat nanas akan kamu rasakan apabila kamu mengolahnya dengan cara direbus, dan meminum air rebusannya. Berikut ini manfaat dari air rebusan nanas untuk kesehatan.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Nanas mengandung enzim bromelain yang mampu mempercepat metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tubuh kita lancar, pembakaran lemak menjadi energi bukanlah hal yang susah. Alhasil, berat badan tubuh pun lebih cepat berkurang dan stabil.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

 

https://unsplash.com/

Salah satu zat baik yang dimiliki oleh buah kuning ini adalah potasium. Potasium merupakan zat yang berkerja untuk menyeimbangkan air dalam tubuh. Zat ini baik bagi jantung karena kelebihan air dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit hipertensi. Kandungan nanas lainnya yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung adalah Vitamin C. Zat ini dapat mencegah gangguan pada pembuluh darah akibat kolesterol jahat.

3. Mencegah Radikal Bebas

https://unsplash.com/

Manfaat air rebusan nanas berikutnya adalah mencegah radikal bebas. Mengkonsumsi nanas dapat membantu tubuh kita terhindar dari efek buruk sinar UV matahari. Vitamin C yang terkandung dalam nanas merupakan tameng yang melindungi kulit dan organ dalam tubuh kita.

4. Mencegah Kanker

https://unsplash.com/

Manfaat air rebusan nanas selanjutnya adalah mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Air buah nanas tidak hanya mampu mencegah radikal bebas. Sel-sel kanker yang tumbuh dalam tubuh kita juga dapat mati bila dilawan dengan zat baik di dalam nanas. Jenis sel kanker yang terbukti kalah melawan zat baik nanas adalah kanker prostat.

https://unsplash.com/