Ada Lho Hewan-hewan yang Berumur Panjang, dari Ratusan Hingga Ribuan Tahun

Hewan-hewan ini memiliki usia yang sangat panjang, bahkan sampai ada yang hidup ribuan tahun.

Di bumi ini terdapat banyak hewan berumur panjang . Yang populer antara lain kura-kura yang berusia 190 tahun, lalu ada buaya antara 70 sampai 115 tahun. Ternyata kura-kura dan buaya tak masuk ke dalam hewan-hewa berumur panjang.

Dilansir dari livescience berikut ini adalah hewan-hewan yang memiliki umur yang panjang karena bisa bertahan hidup selama ratusan, hingga ribuan tahun lamanya.

1. Paus Bowhead

Paus Bowhead adalah paus kepala busur yang bisa hidup selama 200 tahun. Paus jenis ini merupakan mamalia laut yang hidup terlama di dunia. Faktor gen menentukan paus ini hidup lama karena bisa memperbaiki DNA yang rusak. Paus Bowhead hidup di perairan Samudra Arktik dan Subartik yang ditutupi es.


2. Kerang Mutiara Air Tawar

Kerang mutiara air tawar adalah jenis bivalvia yang menyaring partikel makanan dari air. Kerang jenis ini hidup di sungai di kawasan Eropa dan Amerika Utara. Kerang mutiara air tawar bisa hidup mencapai 280 tahun. Sayangnya populasi kerang mutiara air tawar menurun karena beberapa faktor alam, mulai dari kerusakan dan perubahan habitat sungai.

Paus Bowhead (Media Indonesia)

3. Hiu Greenland

Hiu Greenland atau Somniosus microcephalus hidup di lautan Arktik dan Atlantik Utara. Karena ukurannya yang besar sudah pasti karnovora ini memakan hewan di laut seperti ikan hingga anjing laut. Hiu ini bisa bertahan hidup mencapai 272 tahun bahkan ada yang mencapai 512 tahun.

Kerang Mutiara Air Tawar (Mommyasia)

4. Cacing Tabung

Cacing Tabung merupakan jenis invertebrate yang memiliki rentang hidup yang panjang di dalam laut.Cacing tabung hidup di dasar laut di Teluk Meksiko yang bisa hidup selama 200 tahun. Bahkan beberapa spesimen ada yang hidup lebih dari 300 tahun. Cacing tabung memiliki tingkat kematian yang rendah karena sedikitnya ancaman alami, seperti kurangnya predator.

Hiu Greenland (Indozone)

5. Spons Kaca

Spons kaca adalah koloni hewan yang mirip dengan karang dan dapat hidup selama ribuan tahun. Spons kaca adalah salah satu spons yang memiliki umur panjang di dunia. Hewan jenis ini kerap ditemukan di laut dalam dan memiliki kerangka yang menyerupai kaca. Konon spons kaca bisa bertahan hidup selama 11.000 tahun.

Cacing Tabung (Indozone)

Itulah beberapa hewan berumur panjang . Memang kebanyakan dari hewan tersebut merupakan jenis hewan yang kurang populer dan mungkin jarang dilihat orang dalam keseharian. 

Spons Kaca (Darilaut)