Tempat Paling Kering di Dunia, Nggak Semuanya Ada di Afrika

Kondisi panas dan jarang hujan membuat wilayah ini menjadi lokasi paling kering yang ada di dunia.

Biasanya negara-negara di kawasan Timur Tengah dan Afrika  sangat panas, gersang, dan tandus hingga sangat kering. Namun ternyata tidak semua tempat paling kering di dunia  ada di dua daerah itu.

Dilansir dari Sindo, beberapa daerah kering di dunia terdapat di kawasan Afrika, Amerika Latin, hingga Antartika lho. Berikut ini daerah kering di dunia, tempat yang bisa jadi membuat  manusia dan makhluk hidup lainnya kesulitan mendapatkan air.

1. Aswan

Aswan adalah daerah kering di kawasan Mesir. Suhu udara di Aswan sangat panas selama sepanjang tahun karena dekat dengan Tropic of Cancer atau Garis Balik Utara yang membuat suhu di Aswan memang tinggi dan cuaca kering. Hampir di tempat ini jarang turun hujan namun kerap muncul angin kencang disertai pasir.

Aswan di Mesir (Kumparan)

2. Aoulef

Aoulef merupakan kota kecil di Aljazair, yang berada dekat Mesir di Afrika bagian Utara.Aljazair memang memiliki tingkat kekeringan yang cukup besar selama ini. Aoulef sangat kering karena letaknya dekat dengan padang gurun,membuat udara di kota itu makin panas.

Aoulef di Aljazair (Travel Planner)

3. Arica 

Arica berada di negara Chili di Amerika Selatan. Arica adalah kota pelabuhan yang kering dan jarang turun hujan sehingga memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Di dekat Arica juga ada sebuah gurun bernama Atacama yang membuat udara panas dan kering di gurun merambah ke Arica. Gurun itu konon belum pernah turun hujan selama ratusan tahun.

Arica di Chili (Always On The Way)

4. Dry Valleys

Antartika selama ini dikenal dengan udara yang dingin dan ditutupi salju. Tetapi ada juga kawasan yang memiliki tingkat kekeringan yang besar. Misalnya Dry Valleys yang merupakan sebuah lembah dengan kelembapan yang rendah. Wilayah ini tidak ada es dan salju seperti wilayah Antartika lainnya.

Dry Valleys di Antartika (Liputan6.com)

5. Pelican Point 

Satu lagi tempat yang dikenal tempat paling kering di dunia  yakni Pelican Point di Afrika , tepatnya di negara Namibia. Lokasi ini berada di pesisir pantai. Meski wilayahnya kering namun banyak orang berani datang untuk mengunjungi pantai karena memiliki ombak besar dan cocok untuk melakukan selancar.

Pelican Point di Namibia (Uniq Hotel)