Mau Mengurus Surat Keterangan Sehat, Kenali Dulu Syarat-Syaratnya!

Surat keterangan sehat kini menjadi satu surat yang wajib dimiliki oleh masyarakat untuk berbagai kepentingan. Bagaimana cara mendapatkannya?

Surat Keterangan Sehat merupakan salah satu yang wajib dimiliki dalam beberapa kepentingan, seperti melamar pekerjaan, mendaftar menikah, melakukan perjalanan dinas, mendaftar sekolah, membuat Surat  Izin Mengemudi (SIM), hingga mendaki gunung.

Surat Keterangan Sehat adalah surat tertulis yang merupakan pernyataan dokter bahwa kondisimu memang sehat. Bukti itulah yang akan kamu gunakan untuk kepentingan-kepentingan tersebut. Jadi, apabila kamu ingin membuat Surat Keterangan Sehat, pastikan dulu bahwa tubuhmu benar-benar sehat.

Jika kamu baru pertama kali akan membuat Surat Keterangan Sehat, artikel ini akan menjelaskan lebih jauh apa saja syarat yang harus dipenuhi dalam membuat Surat Keterangan Sehat.

Surat Keterangan Sehat bisa didapatkan dengan melakukan pemeriksaan fisik di puskesmas atau rumah sakit. Syarat utama adalah sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu pastikan tubuh dalam keadaan sehat.

Cara Mengurus Surat Keterangan Sehat (via University of Michigan School of Public Health)

Selain itu, penuhi juga syarat administrasi berupa fotokopi KTP atau kartu identitas lainnya dan pas foto berwarna dengan ukuran 3x4 sentimeter. Tidak hanya itu, kamu juga perlu menyiapkan uang.

Tenang saja, uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan Surat Keterangan Sehat ini tidak banyak, kok! Umumnya, apabila Surat Keterangan Sehat dibuat untuk kepentingan administrasi pekerjaan maupun sekolah, hanya dikenakan biaya 10.000 rupiah hingga 15.000 rupiah. Untuk pengajuan peserta asuransi dan keperluan administrasi lainnya, dikenakan biaya 15.000 rupiah.

Cara Mengurus Surat Keterangan Sehat (via Cariduit)

Sedangkan untuk mendaftar menikah, biasanya dikenakan biaya mulai dari 20.000 rupiah. Kemudian, untuk keperluan mendaftar haji, biayanya lebih besar, yaitu 50.000 rupiah. 

Perlu diketahui bahwa semua biaya tersebut belum termasuk biaya pemeriksaan lanjutan apabila kondisimu ternyata tidak benar-benar sehat. Nah, itu dia syarat-syarat dalam membuat Surat  Keterangan Sehat. Semoga membantu, ya.

Cara Mengurus Surat Keterangan Sehat (via Tribun Solo)