Bebas dari Jerawat dengan Pola Hidup Sehat, Bagaimana Caranya?

Timbulnya jerawat selain disebabkan oleh kadar minyak berlebih ternyata juga bisa diakibatkan oleh gaya hidup yang salah. Bagaimana menerapkan pola hidup sehat agar bebas jerawat?

Selain kebersihan kulit wajah serta kadar minyak berlebih, ternyata timbulnya jerawat juga bisa diakibatkan oleh pola hidup sehat  kita yang tak terjaga dengan baik. Umumnya, jerawat timbul karena ada tumpukan bakteri serta sel kulit mati dalam pori-pori kulit. 

Selain itu, penyebab dari dalam seperti asupan makanan juga faktor penting yang sering membuat jerawat meradang. Nah, bagi kamu yang masih berkutat dengan masalah jerawat, berikut rekomendasi pola hidup sehat yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

1. Konsumsi Banyak Sayur dan Buah

Sayur dan buah terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Kandungan nutrisi yang dihasilkan dari buah dan sayur dapat membantu mencegah penuaan dini. Selain itu, kolagen yang terdapat pada buah dan sayur juga bermanfaat untuk menjaga kulit tetap bersih dan kencang.

2. Minum Air Putih

Bebas dari Jerawat dengan Pola Hidup Sehat (via Beauty Journal)

Minum cukup air putih adalah cara paling murah dan paling mudah dilakukan agar kulit wajah tetap sehat bebas jerawat. Cara ini membantu mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh.

3. Rajin Membersihkan Kulit

Bebas dari Jerawat dengan Pola Hidup Sehat (via Okezone)

Meski terdengar simpel, namun masih banyak orang malas untuk membersihkan wajah setelah bepergian. Jika dibiarkan, hal itulah yang membuat jerawat mudah muncul pada kulit wajah. Segera cuci muka sehabis melalukan aktivitas di luar ruangan, agar kulit terhindar dari kotoran dan bakteri yang menempel.

4. Rajin Olahraga

Bebas dari Jerawat dengan Pola Hidup Sehat (via Alodokter)

Keringat yang dihasilkan saat olahraga ternyata dapat membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh kita, loh. Selain itu, olahraga juga dapat menambah asupan vitamin, oksigen, dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit.

5. Tidur Cukup

Bebas dari Jerawat dengan Pola Hidup Sehat (via Popbela)

Salah satu penyebab timbulnya jerawat yang jarang kita sadari adalah stres. Saat kita mengalami stres, maka tubuh kita akan menghasilkan glukokortikoid, yakni hormon yang dapat merusak fungsi kulit. Hal itulah yang menyebabkan timbulnya jerawat. 

Oleh karena itu, sebaiknya cukupi kebutuhan tidur, yakni kurang lebih sekitar 7 sampai 8 jam per hari. Itulah beberapa rekomendasi pola hidup sehat  yang terbukti ampuh mengatasi timbulnya jerawat. Selamat mencoba.

Bebas dari Jerawat dengan Pola Hidup Sehat (via KlikDokter)