5 Negara dengan Kekuatan Militer Paling Dahsyat di Dunia, Bikin Ciut Pasukan Lain

Beberapa negara di dunia dikenal memiliki kekuatan militer yang besar dan menakutkan negara lain.

Kekuatan militer  yang besar di sebuah negara membuat pertahanan negara itu akan sangat kuat. Belum lagi jika negara dengan militer terkuat itu memiliki pasukan militer yang juga kuat untuk menopangnya.

Dilansir dari Global Fitepower, Beberapa 5 negara di dunia ini memiliki kekuatan militer yang paling dahsyat. Apakah ada Indonesia yang termasuk di dalamnya?

1. Amerika Serikat

Negara dengan julukan people power ini memiliki negara paling kuat di dunia dalam segi pertahanan dan kekuatan militernya.  Militer di Amerika Serikat memiliki kekuatan dalam segi pasukan, alat tempur mulai dari kendaraan di darat, kapal laut, hingga pesawat tempur.

Pemerintah Amerika Serikat memberikan alokasi anggaran yang sangat besar untuk militer Amerika Serikat. Dalam setahun mereka mengucurkan dana sekitar Rp 7941 triliun untuk keperluan militer mereka.

Pasukan Militer Amerika Serikat (CNN Indonesia)

2. Rusia

Jika di blok barat ada Amerika Serikat, di ujung blok timur tentu ada Rusia yang dulu bernama Uni Soviet. Sejak zaman Perang Dunia dulu, Amerika Serikat dan Rusia memang selalu menunjukan kekuatan militernya. Saat ini anggota tentara Rusia mencapai 766 ribu orang.

Rusia memiliki alat tempur yang bukan kaleng-kaleng, sebut saja tank, pesawat tempur, dan senjata-senjata canggih lainnya. Alokasi dana dari pemerintah untuk kekuatan militer per tahun di atas Rp 6000 triliun.

Pasukan Milter Rusia (Tempo.co)

3. China

Beralih ke Asia, negara China berada di bawah Amerika Serikat dan Rusia yang memiliki kekuatan militer besar. Pemerintah China memberikan dana tahunan sekitar Rp 3500 triliun. Uang sebesar itu digunakan untuk berbelanja perlengkapan perang, kendaraan tempur, dan pendikan untuk para tentara militer.

Meski masih berada di bawah Amerika Serikat dan Rusia, bisa jadi militer China akan berkembang dan bisa menyayingi kedua negara besar itu. Negara-negara lain di Asia sepertinya masih sulit memberikan saingan kepada China dalam hal kekuatan militernya.

Pasukan Militer China (Kompas.com)

4. India

Memang ada India di urutan keempat yang berada di bawah China. Negara ini disebut sebagai kuda hitam dari Asia yang sewaktu-waktu bisa mengirimkan kekuatan militer besar. India memiliki 12 ribu kendaraan perang di darat, kapal induk untuk keperluan perang, hingga pesawat tempur.

Pasukan Militer India (Grid.ID)

5. Prancis

Kembali ke Benua Eropa. Selain Rusia, ada Prancis yang dikenal memiliki kekuatan militer  besar. Negara yang dulu memiliki banyak jajahan di benua Afrika dan Amerika ini memiliki ribuan  pesawat tempur yang sewaktu-waktu bisa meledakan senjata saat berperang. Belum lagi ratusan tank, dan 4 kapal induk besar.

Pasukan Militer Prancis (Liputan6.com)