Makan Permen Karet Bisa Mencegah Mata Berair saat Memotong Bawang, Sudah Tahu?

Makan permen karet bisa mencegah mata berair saat memotong bawang, benarkah demikian? Pelajari dulu faktanya berikut ini!

Tahukah kamu bagaimana cara mencegah mata berair saat memotong bawang ? Ternyata sangat mudah, yakni dengan makan atau mengunyah permen karet. Kok, bisa begitu? Pasti penasaran, berikut penjelasannya.

Air yang keluar saat kita menangis sebenarnya tidak keluar dari mata, namun air tersebut keluar dari kelenjar kecil yang terletak di sudut mata. Kelenjar itulah yang mengeluarkan air saat kondisi mata terganggu.

Selain menangis, ada beberapa penyebab air mata keluar, seperti mata kering, terkena debu, mata lelah, atau saat kita mengupas bawang.

Bawang mengandung syn-propanethial-S-oksida yaitu bahan kimia yang dilepaskan ke udara saat kita memotongnya. Bahan itulah yang menyebabkan iritasi pada kelenjar air mata sehingga kita akan mengeluarkan air mata layaknya orang menangis saat mengupas bawang.

Makan Permen Karet Mencegah Mata Berair saat Memotong Bawang (via News Trends)

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, mengunyah permen karet adalah cara paling ampuh yang bisa kita lakukan. Bukan karena kandungan dalam permen karet yang dapat membantu mencegahnya, melainkan saat kita mengunyah permen karet, kita terpaksa harus bernapas melalui mulut.

Dan saat kita bernapas melalui mulut, maka kandungan bahan kimia pada bawang secara tidak langsung akan terhisap atau terhempas ketika melewati mulut. Hal itu menyebabkan tingkat iritasi pada kelenjar air mata pun berkurang. Selain itu, saat kita mengunyah permen karet, otot wajah yang terletak di sekitar kelenjar air mata akan ikut bergerak. Hal itu dapat menangkis kandungan bawang yang menyebabkan mata kita menjadi perih.

Makan Permen Karet Mencegah Mata Berair saat Memotong Bawang (via Tribun Kaltim)

Adapun cara lain untuk mencegah mata berair saat memotong bawang , seperti memotong bawang di tempat terbuka, mengolesi pisau dengan lemon, memotong bawang dalam air, dan membekukan bawang terlebih dahulu sebelum memotongnya. Semoga informasinya bermanfaat.

Makan Permen Karet Mencegah Mata Berair saat Memotong Bawang (via IDN Times)