Begini Beberapa Kisah Tentang Orang Hilang Yang Ditemukan Hingga Belasan Tahun

Begini Beberapa Kisah Tentang Orang Hilang Yang Ditemukan Hingga Belasan Tahun

Rasanya, begitu berat jika suatu hari kita kehilangan orang terdekat, entah itu teman atau keluarga. Tapi, hilangnya seseorang terkadang bisa terjadi begitu saja. Ada yang kembali dengan cepat, dan ada pula yang tidak/

Baru-baru ini, viral sebuah kasus anak hilang yang sudah hilang selama 5 tahun. Ia akhirnya ditemukan melalui Twitter. Selain anak tersebut, sebelumnya ada pula beberapa kasus kehilangan orang selama bertahun-tahun hingga berhasil ditemukan kembali. Berikut beberapa kasusnya.

# Pergi untuk kuliah ternyata lenyap selama 15 tahun dan kembali dengan mental terganggu

Tak ada yang menyangka jika Hermawan ketika kuliah, ia malah berpisah dengan keluarganya hingga 15 tahun. 

Saat itu, Hermawan memutuskan merantau dan menjadi pengamen. Alasannya adalah karena orang tua Hermawan yang tak cukup memiliki uang untuk membiayai kuliah. Tapi ternyata, Hermawan justru hilang hingga 15 tahun.

Ketika ditemukan, mentalnya sudah terganggu dan tak bisa bicara. Hermawan hanya bisa diajak bicara dengan tulisan saja. Untungnya, ia masih ingat alamat tempat tinggal dan nama kedua orang tuanya di Ciamis.

# Anggota Brimob hilang karena tsunami, ditemukan di rumah sakit jiwa

Beberapa kisah orang hilang yang berhasil ditemukan belasan hingga puluhan tahun (via boombastis.com)

Aceh sempat dilanda bencana besar yakni tsunami yang terjadi pada tahun 2004. Begitu banyak nyawa yang hilang hingga anggota keluarga yang terpisah sejak kejadian tersebut. 

Seperti yang terjadi pada Asep, salah satu anggota Brimob yang hilang selama 17 tahun. Ia akhirnya kembali ditemukan dan telah menjadi pasien di RSJ Banda Aceh. 

Sebelumnya, ia bahkan dikira tak memiliki keluarga. Namun ketika kabar Asep ditemukan, ia langsung melakukan uji sampel darah dan sidik jari hingga benar dinyatakan sebagai Asep yang menjadi korban tsunami.

# Dilaporkan meninggal dan hilang di Arab Saudi, 31 tahun kemudian pulang ke Indonesia

Beberapa kisah orang hilang yang berhasil ditemukan belasan hingga puluhan tahun (via boombastis.com)

Kasus kehilangan juga terjadi pada Carmi, asal Cirebon. Sebelumnya, Carmi bekerja di Arab Saudi. Namun sempat dinyatakan hilang dan meninggal karena tak ada kabar hingga 31 tahun. 

Hingga di tahun 2019, KBRI Arab Saudi berhasil menemukan keberadaan Carmi. Mereka pun berupaya untuk membawa Carmi kembali ke Indonesia. Akhirnya, hal tersebut tercapai di tahun 2020.

Ternyata, Carmi menunggu majikannya melunasi gaji selama 26 tahun terlebih dulu. Setelah kembali ke Indonesia, Carmi dan keluarga sudah mengikhlaskan gaji tersebut.

# 22 tahun menghilang, kembali berkat seorang Youtuber

Berikutnya adalah Uya Mulyana, pria berusia 50 tahun yang terkena gangguan mental. Sejak menghilang di tahun 1999, Uya kembali ditemukan pada September 2021. 

Selama dirinya hilang, pihak keluarga Uya telah berusaha keras untuk menemukan dirinya. Hingga mereka pun ikhlas atas kepergian Uya yang hilang tanpa kabar. 

Sampai akhirnya, seorang YouTuber berhasil menemukan Uya. ternyata, YouTuber ini prihatin dengan kondisi Uya. Selama ini, Uya diketahui tinggal di Pati, Jawa Tengah. Ia hidup di sebuah saung yang kerap diberi bantuan oleh para dermawan di sana.

# Seorang anak ditemukan setelah 24 jam viral di Twitter, 5 tahun tanpa kabar

Terakhir adalah kisah pemilik akun Twitter  @arllnath yang meminta bantuan warganet untuk mencari adiknya yang hilang.

Ia mengunggah beberapa foto adiknya yang sudah tak ditemukan sejak 2015-2016 lalu. Melalui tweet-nya, Nathan mengatakan jika adiknya, Yehezkiel telah hilang selama 5 tahun. Ia dan keluarga pun sudah meminta bantuan kepada pihak kepolisian.

Namun, saat pertama kali meminta bantuan di Twitter, hanya dalam waktu 24 jam adiknya berhasil ditemukan. Akun @Binagrahita_DKI mengomentari cuitan Nathan yang viral itu dan melampirkan foto yang diduga adalah adiknya.

Keduanya pun berkomunikasi melalui DM untuk memberikan konfirmasi. Dan ternyata semua benar, anak tersebut adalah Yehezkiel yang hilang. Selama ini adiknya telah tinggal di Panti Asuhan di wilayah Kalideres.

Beberapa kisah orang hilang yang berhasil ditemukan belasan hingga puluhan tahun (via boombastis.com)