Kriteria Botol Plastik yang Aman Digunakan Berulang Kali

Mengingat banyaknya dampak buruk penggunaan plastik, bagaimanakah kriteria botol plastik yang aman digunakan secara berkali-kali?

Membeli botol plastik yang aman digunakan berulang kali  memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah lebih hemat dan lebih sehat. Selain itu, membawa botol minum sendiri juga dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan dari semakin banyaknya tumpukan sampah plastik.

Nah, untuk kamu yang ingin membeli botol minum plastik, berikut beberapa kriteria yang aman untuk digunakan berulang kali. Yuk, langsung saja disimak.

1. Pilih Berdasarkan Material Botol

Pada umumnya, orang sering menganggap botol plastik tidak ramah lingkungan dan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun, ada beberapa macam material botol plastik yang cukup aman, seperti poliester, polikarbonat, polietilena. Atau kalau kamu kurang suka dengan plastik, bisa memilih botol dengan material stainless steel.

2. Pilih Botol dengan Kualitas Food Grade

Kriteria Botol Plastik yang Aman Digunakan Berulang Kali (via Djawanews)

Untuk mengetahui kualitas food grade pada botol plastik, bisa dilihat di bagian bawah botol. Jika botol ditandai dengan angka 5, itu berarti botol tersebut aman digunakan berulang kali. Angka 1, 2, dan 4 juga menandakan botol tersebut aman. Jangan sekali-kali untuk membeli botol dengan kode angka 3, 6, dan 7, karena berbahaya untuk kesehatan.

3. Botol Minum Wajib Bebas BPA

Kriteria Botol Plastik yang Aman Digunakan Berulang Kali (via Grid ID)

BPA atau Bisphenol-A adalah bahan kimia yang sangat berbahaya untuk kesehatan namun sering ditemukan dalam kemasan makanan dan minuman. Belilah botol dengan keterangan BPA free yang tercantum pada kemasan.

4. Memilih Berdasarkan Cara Minum

Botol Plastik yang Aman Digunakan Berulang Kali (via Kabar6)

Ada banyak desain atau bentuk botol plastik yang beredar di pasaran. Dari banyak macam pilihan desain botol tersebut, beli botol yang sesuai dengan cara kamu minum dan yang membuatmu nyaman.

5. Pilihlah Botol Minum Sesuai Kegunaannya

Kriteria Botol Plastik yang Aman Digunakan Berulang Kali (via Duitin)

Memilih sesuai kegunaan juga merupakan hal penting sebelum membeli botol plastik. Ada berbagai macam botol plastik yang didesain menurut kegunaan, seperti botol untuk anak-anak, botol untuk kegiatan di luar ruangan, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa cara memilih botol plastik yang aman digunakan berulang kali . Untuk meningkatkan taraf kehidupan, kamu memang perlu memilih segala keperluan dengan cermat termasuk botol minum. Selamat mencoba!

Kriteria Botol Plastik yang Aman Digunakan Berulang Kali (via Tempo)