Fakta Unik Kecoa, Bisa Hidup Tanpa Kepala Lho!

Hewan ini merupakan serangga yang banyak menjadi "musuh" masyarakat. Tahukah kamu sebuah fakta jika kecoa bisa hidup tanpa kepala?

Hewan ini merupakan serangga yang banyak menjadi "musuh" masyarakat. Tahukah kamu sebuah fakta jika kecoa bisa hidup tanpa kepala ?

Sebenarnya, masih banyak lagi beberapa fakta unik tentang kecoa yang bisa bikin kamu makin benci, atau mungkin malah jadi sayang? Yuk, langsung aja simak faktanya berikut ini!

1. Bisa hidup tanpa kepala

Tak seperti manusia, ternyata kecoa bisa tetap hidup cukup lama meskipun kepalanya dipenggal, lho. Bahkan, mereka bisa bertahan hidup sampai seminggu meskipun tanpa kepala.

Hal ini mungkin terjadi karena kecoa bernapas menggunakan lubang-lubang kecil di tubuh mereka. Kecoa juga tidak mengandalkan otak untuk menggerakkan saraf-saraf tubuhnya.

2. Kecoa tidak bisa terbang

Fakta Unik Kecoa Bisa Hidup Tanpa Kepala (via LINE Today)

Banyak yang membenci kecoa karena kemampuan terbang mereka sering bikin orang bergidik. Nyatanya, ternyata kecoa tidak punya kemampuan terbang, lho!

Istilah kecoa terbang ini biasa disebut dengan falling with style alias jatuh dengan gaya. Kecoa hanya bisa menggunakan sayapnya untuk melompat jangka pendek saja. 

3. Bisa tahan napas sangat lama

Fakta Unik Kecoa Bisa Hidup Tanpa Kepala (via Penulispro)

Pernah curiga mengapa kecoa yang sudah lama tenggelam di air tak kunjung tewas? Nah, hal ini bisa terjadi karena ternyata kecoa sanggup menahan nafasnya hingga 30 menit lamanya, lho!

4. Cara mati yang sepele

Fakta Unik Kecoa Bisa Hidup Tanpa Kepala (via KlikDokter)

Meskipun terkesan sangat tahan banting, ternyata kecoa bisa tewas dengan cara yang sangat sepele. Ketika berada di posisi badan terbalik, mereka akan sangat kepayahan dan kesusahan untuk membalikkan badannya lagi.

Jika bertahan terlalu lama dalam kondisi terbalik ini, tak butuh waktu lama bagi kecoa hingga akhirnya kehilangan nyawa.

Selain kecoa bisa hidup tanpa kepala , nyatanya sederet fakta unik lain seputar serangga yang satu ini cukup mencengangkan. Apakah kamu semakin benci sama kecoa?

Fakta Unik Kecoa Bisa Hidup Tanpa Kepala (via Merdeka)