Tak Hanya Makanan, Sepatu Juga Bisa Jadi Penyebab Asam Urat

Ternyata sepatu yang dipakai pada kaki bisa memicu asam urat.

Asam urat  merupakan gangguan kesehatan yang biasanya terjadi pada bagian persendian kaki dan tangan. Selama ini makanan yang dikonsumsi sembarangan bisa memicu terjadinya asam urat. Namun ternyata sepatu juga bisa jadi penyebabnya.

Dilansir dari Sindonews, seseorang yang tidak tepat mengenakan sepatu membuat posisi sepatu tidak tepat dengan postur jari kaki sehingga membuat tulang menyesuaikan dengan posisi rongga yang ada.

Sendi-sendi pada bagian kaki pun bisa alami kerusakan. Hal juga yang sering terjadi adalah ketika memakai sepatu yang sudah membuat sempit di kaki. Jika didiamkan bagian kaki bisa alami cidera dan alami peradangan hingga terjadinya asam urat.

Sementara penyebab asam urat lainnya dipicu oleh makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti jeroan, hidangan laut, dan daging merah. Mengkonsumsi makanan dengan berbahan kacang semisal kacang kedelai yakni tahu dan tempe berlebih juga bisa sebabkan asam urat.

Obesitas juga bisa memicu timbulnya asam urat. Kelebihan berta badan mengakibatkan turunnya kinerja hormon insulin atau resistensi insulin. Hormin insulin bisa membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Jika terjadi resistensi insulin bisa sebabkan asam urat  tidak terkontrol.

Ilustrasi Memakai Sepatu Sempit (HiMedik)

Seseorang yang jarang olahraga bisa terkena asam urat karena kurangnya aktivitas fisik. Saat tubuh tidak aktif bergerak maka kesehatan sendi dan tulang juga ikut terganggu. Jadi lakukan olahraga ringan setiap hari meski hanya sebentar saja.

Menurut penelitian kaum pria bisa mengalami asam urat  pada usia berapapun, sementara wanita biasanya terkena asam urat ketika usianya sudah memasuki masa menopause. Jika Menopouse terjadi maka hormon estrogen akan berkurang banyak dan asam urat meningkat.

Ilustrasi Orang Terkena Asam Urat (Hallo Sehat)