Tanaman Bonsai Jepang Tertua Yang Bertahan Menghadapi Bom Atom Jepang Kala Itu

Tanaman Bonsai Jepang ini memiliki usia yang relatif cukup panjang, sekitaran 3 abad lah usianya.

Banyak orang yang menggemari tanaman karena memiliki segudang manfaat. Salah satunya yaitu  tanaman hias dapat dinikmati karena keindahannya. 

Sudah banyak sekali jenis dari tanaman hias yang dapat anda jumpai. Kalau kalian yang tahu dengan tanaman pasti juga tau tentang tanaman bonsai dong. Tanaman bonsai sejarahnya berawal dari negri sakura jepang.

Tanaman Bonsai Jepang adalah suatu bentuk dari hasil kreatifitas para seniman bonsai di masa itu. 

Bonsai sendiri adalah sebuah penyebutan dari jepang untuk menamai tumbuhan yang dikerdilkan di dalam pot. Dijepang sendiri bonsai sudah menjadi salah satu dari seni.

Seni Tanaman Bonsai Jepang sendiri terdiri dari berbagai teknik pemotongan dan pemangkasan tanaman, pengawatan (pembentukan cabang dan dahan pohon dengan melilitkan kawat atau membengkokkannya dengan ikatan kawat), serta membuat akar agar menyebar dan mengikat di atas bebatuan. 

Faktanya Pembuatan tanaman bonsai dapat memakan waktu yang sangat lama dan melibatkan berbagai macam pekerjaan, antara lain pemberian pupuk yang rajin, pemangkasan daun, pembentukan tanaman, penyiraman, dan penggantian pot sesuai keinginan beserta tanahnya. 

Tanaman Bonsai Jepang dikerdilkan dengan cara memotong akar dan rantingnya terus menerus. Kemudian Pohon dibentuk dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. 

Bonsai berasal dari negri sakura jepang (ebay.de)

Kawat pada bonsai harus sudah diambil sebelum kawat itu dapat menggores kulit ranting pohon tersebut. Tanaman adalah makhluk hidup, dan tidak ada satu bonsai yang dapat dikatakan selesai atau sudah jadi sebenarnya. 

Proses perubahan yang terjadi sedikit demi sedikit pada tanaman seiring pergantian musim dan tahun adalah yang jadi salah satu daya tarik tanaman bonsai tersebut.

Ada fakta Menarik terkait Tanaman Bonsai Jepang, adalah sebuah pohon bonsai pinus putih Jepang yang kabarnya baru-baru ini diserahkan ke Arboretum Nasional Amerika sebagai hadiah ulang tahun Amerika yang ke-200.

Tanaman Bonsai Jepang yang bernama latin Pinus parviflora ‘Miyajima’ ini diektahui dibuat pada kisaran tahun 1625. Pemiliknya, Masaru Yamaki memberikan bonsai ini kepada pemerintahan Jepang kala itu. 

Merawat bonsai harus teliti dan sabar (bonsaiempire.com)

Kediaman keluarga Yamaki sendiri pada saat tragedi bom atom meledak, hanya berjarak tiga kilometer saja dari meledaknya bom atom Hiroshima.

Dan di kala itu mereka sedang berada di dalam rumah, beruntung, tidak ada seorangpun yang menjadi korban, namun tetap saja mengalami luka, dean begitupula juga dengan Tanaman Bonsai Jepang tersebut, pohon itu selamat dari panasnya radiasi nuklir di kala itu. 

Rada miris ya, pasalnya amerikalah yang mengakibatkaan bom atom hirosima nagasaki, namun jepang tetap lapang dada. Malah saksi hidupnya dijadikan hadiah lagi, emang luarbiasa banget.

Bonsai inilah yang diberikan kepada amerika, dan usianya mencapai 3 abat lebih (aphis.usda.gov)