Kisah Guru Honorer Gaji Rp350 Ribu Sebulan, Selesai Ngajar Kerja Sampingan Jadi MUA

Kisah Guru Honorer Gaji Rp350 Ribu Sebulan, Selesai Ngajar Kerja Sampingan Jadi MUA

Pepatah mengatakan "Guru adalah Pahlawan tanpa Tanda Jasa". Ya, kemungkinan emang bener banget, sih. Banyak kisah para guru yang bahkan mengalami kesulitan hidup karena gaji yang sangat tidak layak dibandingkan dengan kinerjanya. Terutama bagi mereka yang masih berstatus guru honorer. 

Padahal, guru adalah sosok yang sangat penting dalam pembangunan bangsa ini. Meski begitu, tak sedikit orang yang merelakan waktu dan tenaganya untuk menjadi seorang pengajar dengan bayaran yang tak seberapa. Oleh karenanya, tak ayal bila beberapa guru honorer juga memiliki kerja sampingan.

Seperti misalnya guru honorer yang satu ini. Ceritanya menuai sorotan publik dan bikin salut. Bukan tanpa sebab, mengaku hanya digaji Rp350 ribu perbulan sebagai guru honorer, ia akhirnya bekerja sambilan sebagai penata rias atau make up artist (MUA).

Pengalaman tersebut dibagikan oleh Minha sendiri lewat akun @minhamua di TikTok pada Minggu (24/10/2021) lalu. Dalam video berdurasi kurang dari semenit tersebut, Minha membagikan kesehariannya, dimulai dari mengendarai motor ke tempat kerja.

"Guru honorer gaji 350 ribu, cek," tulisnya dalam keterangan video.

Sambil mengendarai seperda motor berwarna merah, tampak Minha juga membawa tas berisi peralatan makeup. Meski begitu, ia tak langsung pergi menghadap klien. Sebagai guru, ia terlebih dahulu mesti mengajar murid-murid di sekolah.

"Ke sekolah bawa perlengkapan alat makeup, dari pagi sampai siang ngajar," kata Minha. 

"Selesai ngajar langsung ke lokasi," lanjutnya.

Guru Honorer Gaji Rp350 Ribu Sebulan, Selesai Ngajar Kerja Jadi MUA (TikTok/@minhamua)

Selepas mengajar di sekolah, Minha langsung menuju lokasi dan menghadap klien. Bahkan, tampak ia masih mengenakan seragam guru ketika merias wajah sang klien. 

Menurutnya, guru honorer mesti punya usaha atau pekerjaan sampingan karena gaji saja tidak akan cukup buat kebutuhan harian.

"Guru honorer harus punya usaha sampingan. Kalau enggak punya sampingan, semua kebutuhan tak tercukupi," ujar Minha. 

"Semangat, semoga lelahku menjadi berkah," katanya lagi.

Guru Honorer Gaji Rp350 Ribu Sebulan, Selesai Ngajar Kerja Jadi MUA (TikTok/@minhamua)

Seketika unggahan tersebut viral, ditonton hingga 1,3 juta dan dikomentari oleh ratusan ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang merasa salut dan mendukung guru honorer tersebut.

"Gimana kualitas pendidikan bisa bagus kalau pendidiknya saja tidak dimakmurkan dari segi kehidupannya," ujar pemilik akun @anak_manggarbaru.

"Menurutku pekerjaan mulia, tapi bayar minim jatuh pada guru honorer. Padahal, mereka kerjanya lebih dibanding yang PNS," sebut pemilik akun @armiiaa

"Kalau mengandalkan honor doang mana cukup. Kita guru honor ikhlas mendidik anak bangsa, walhasil rezeki halal kita mengalir dari mana-mana," kata akun @elynasukma.

Guru Honorer Gaji Rp350 Ribu Sebulan, Selesai Ngajar Kerja Jadi MUA (TikTok/@minhamua)