Wow! Selfie Jadi Persyaratan Pendaftaran CPNS

Kudu selfie dulu ya biar persyaratanya komplit.

Fenomena CPNS memang sudah mulai memanas, pasalnya banyak sekali orang yang menginginkan dirinya agar keterima dalam ujian CPNS dan menjadi PNS.

Kalau lolos CPNS pastinya kamu akan memiliki gelar PNS dan memiliki gaji tetap dari negara, walau tidak besar namun ada beberapa tunjangan yang bila di gabungkan maka dapat menjadi nominal yang sangat membantu buat hidup.

Di negara kita PNS masih sangat dijadikan acuan bagi banyak masyarakat. Ya wajar lah kan pekerjaan tetap sampai kita berusia pensiun.

Namun ada yang sedikit lucu di persyaratan CPNS tahun ini, kita di wajibkan selfi dulu, kok bisa? yuk simak saja deh biar gak penasaran.

Pendaftaran untuk mengikuti seleksi CPNS 2018 mulai dibuka pada hari ini loh, Rabu 26 September. 

Biar kamu gak terhalang sejak awal, kamu wajib pahami alur pendaftarannya, mulai dari membuat akun, mencetak kartu, dan verifikasi, sudah belom?

Pose selfie seperti ini (moneysmart.id)

Saat akan mencetak kartu nya, kamu diwajibkan mengunggah foto selfie sambil memegang KTP dan kartu SSCN. 

Walaupun terdengar konyol namun syarat ini adalah syarat terbaru yang tidak ada di seleksi sebelumnya. Mungkin karena hal ini sangat penting untuk petugas agar bisa memastikan identitas pelamar.

Kenapa hal ini dilakukan? mungkin karena pernah ada kejadian joki CPNS yang meresahkan, maka dibuatlah peraturan seperti itu.

Kalau foto saja kan bisa aja di edit sedikit atau  direka biar mirip dengan jokinya.

Melansir dari indozone.id, Sebenarnya dua cara sih yang bisa kamu gunakan untuk foto selfie Syarat CPNS tersebut.Kalau kamu masih bingung gimana? cobain deh tips melakukan selfie, berikut caranya:

1. kamu tinggal Foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN.

2. File yang diunggah adalah file image ekstensi jpg (.jpg) dengan ukuran maksimal 200KB.

3. Ketika sedang Foto selfie harus memperlihatkan dengan jelas baik wajah maupun nama dan NIK yang terdapat pada KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN biar petugasnya percaya.

Foto yang kamu unggah pun dapat mengikuti dua contoh berikut seperti berikut.

Di foto pertama, kamu bisa berpose formal dengan dua tangan masing-masing memegang KTP dan kartu SSCN dengan di bantu teman ataau kerabat kamu. 

Banyak yang berlomba-lomba mengikuti CPNS (Kumparan.com)

Di foto kedua, kamu bisa pakai pose dengan memegang KTP dan kartu SSCN menggunakan satu tangan saja, jadi ga ngerepotin orang.

Buat informasi yang lebih lengkap lagi terkait proses pendaftaran bisa kamu dapatkan di sscn.bkn.go.id.

Semangat ya mendaftarnya, semoga kalian yang mendaftar dapat kemudahan dan di terima jadi PNS, jangan menyerah dan tetap semangat ya gengs.

Selfie menjadi syarat baru ujian cpns(pedomanbengkulu.com)