Fakta Unik Kebun Binatang yang Jarang Diketahui Orang

3 fakta tentang kebun binatang ini jarang diketahui oleh publik

Kebun binatang memang salah satu tempat wisata edukasi yang disukai banyak orang. Pengunjung bisa menyaksikan beraneka ragam hewan sembari belajar menghapal nama mereka. 

Namun tahukah kamu kalau ada beberapa fakta unik dari kebun binatang yang jarang diketahui publik. Apa sajakah itu? Yuk simak selengkapnya berikut ini. 

Umur Gajah Lebih Pendek di Kebun Binatang 

(AFP via Yahoo News)

Biasanya hewan yang diperlihara di kebun binatang memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan hewan yang hidup di alam liar. Namun hal ini berlaku sebaliknya pada gajah. Umumnya gajah mampu bertahan hingga usia 56 tahun di alam liar, namun gajah di kebun binatang memiliki usia rata-rata kurang dari 20 tahun. 

Dilarang Memakai Baju Motif Hewan

(Liputan6.com,Dian Kurniawan)

Normalnya pengunjung bebas memakai baju apapun saat pergi ke kebun binatang. Namun kebun binatang di Inggris yang bernama Zufari, menerapkan peraturan dilarang menggunakan baju bermotif hewan untuk menjaga keselamatan pengunjung. Karena Zufari menerapkan sistem interaksi menyerupai taman safari, larangan tersebut diperlakukan akan hewan tidak menganggap orang yang memakai baju bermotif hewan itu musuh atau predatornya. 

Ada Gerakan Menentang Kebun Binatang

(dictio.id)

Hingga saat ini masih banyak aktivis yang menentang adanya kebun binatang, karena merasa telah merenggut kebebasan para hewan, penyiksaan mental, hingga eksploitasi. Dan pemberontakan ini telah ada sejak beberapa abad yang lalu. 

(koran.tempo.co)