Macam-macam Soto di Indonesia yang Cita Rasanya Menggugah Selera, Sudah Pernah Coba Belum?

Indonesia kaya akan kuliner yang khas setiap daerah. Macam-macam olahan soto pun memiliki rasa yang menggugah selera.

Soto menjadi makanan khas Indonesia yang cukup populer. Di Indonesia terdapat macam-macam soto dari berbagai daerah dengan rasa dan ciri khas berbeda. Biasanya jenis soto di Indonesia ini dimakan bersama sepiring nasi hangat. Berikut beberapa jenis soto yang terkenal di Indonesia.

1. Soto Betawi

Soto Betawi sudah pasti merupakan soto asal Jakarta. Soto ini banyak ditemui di beberapa warung soto di ibu kota. Soto Betawi identik dengan kuah santan yang pekat dan kental. Untuk isian Soto Betawi biasanya menggunakan daging sapi hingga jeroan, ditambah tomat dan kentang.

2. Soto Kudus

Soto Kudus asal Jawa Tengah ini disajikan dengan mangkok kecil. Kuah Soto Kudus tidak memakai santan yang pekat seperti Soto Betawi. Soto Kudus menggunakan kuah bening dengan potongan daging ayam atau sapi yang dipotong kecil-kecil. Soto ini bisa ditambahkan dengan telur rebus.

Soto Betawi (Kompas.com)

3. Soto Medan

Dari Pulau Sumatera terdapat Soto Medan yang dikenal menggunakan kuah santan yang kental dan berwarna kuning. Kuah soto menggunakan  rempah-rempah yang khas. Untuk isiannya Soto Medan menggunakan perkedel kentang, telur, tomat, tauge, dan bihun. 

Soto Kudus (Traveloka)

4. Soto Lamongan

Kembali ke pulau Jawa, Soto Lamongan menggunakan koya sebagai bumbu yang ditaburkan mirip bawang goreng. Soto Lamongan khas Jawa Timur menggunakan kuah bening dan dengan isian daging ayam yang disuwir lalu bihun, kol, tauge dan disajikan dengan kerupuk udang.

Soto Medan (iNews)

5. Soto Mie Bogor

Dari namanya saja sudah pasti Soto Mie tidak memakai bihun melainkan pakai mie kuning. Selain mie kuning, Soto Mie memakai daging sapi, risoles, dan tomat. Kuah Soto Mie Bogor mirip dengan Soto Betawi dengan kuah santan yang kental. 

Soto Lamongan (Yummy)

Jika ingin mencicipi kelima soto tersebut, kamu bisa mendatangi tempat-tempat yang menjual dalam bentuk warung makan atau gerobak. Kalau mau mencoba membuatnya sendiri di rumah juga mudah lho. Resepnya mudah didapat dan gampang dibuat. 

Soto Mie Bogor (Kompas.com)