Segini Bayaran yang Diterima Bintang Tamu di Podcast Deddy Corbuzier

Sosok ini mengungkapkan soal bayaran sebagai bintang tamu dalam podcast Deddy Corbuzier di YouTube.

Deddy Corbuzier sukses menjadi seorang YouTuber. Dia tak perlu membuat konten prank atau daily vlog, karena podcast di channel YouTube saja sudah membuat Deddy kaya raya. Belum lagi banyak bintang tamu dari mulai pejabat, artis, sampai selebgram, hingga pengusaha dan influencer muncul di podcast Deddy.

Belum lama ini putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi bintang tamu. Deddy sempat mengutarakan candaan bahwa Kaesang datang ke podcast setelah Deddy membayar uang Rp 5 miliar. Tapi apakah memang Deddy harus memberikan uang kepada bintang tamu podcast?

Wanda Ponika merupakan pengusaha dan influencer yang pernah jadi bintang tamu di podcast Deddy. Melalui Instagram pribadinya, Wanda memberikan klarifikasi soal bayaran di podcast Deddy. "Pinjam bahasanya netizen: sekadar mengingatkan. Kalau ke podcast-nya Om Ded @mastercorbuzier kita nggak dibayar," tegas Wanda.

Wanda yang kenal baik dengan Deddy mengatakan tidak hanya dirinya yang tidak mendapatkan bayaran, semua narasumber pun tidak mendapatkan apapun termasuk uang transportasi dan konsumsi. "Nggak dikasih uang transport dan nggak ada bonus ketoprak juga,"selorohnya.

Wanda menegaskan aturan main Deddy sebagai tuan rumah sangat jelas dan tegas. Kedua pihak dalam hal ini Deddy dan bintang tamu sama sekali tidak akan mengeluarkan uang sepeser pun. "Kalau mau bayar atau minta tampil di podcast juga nggak bisa, kesimpulannya podcast Om Ded tidak ada urusan soal duit," tambahnya.

Deddy Corbuzier (Tempo.co)

Sebelum Wanda, dr.Tirta juga pernah mengutarakan soal bayaran ketika jadi bintang tamu di podcast Deddy yang memang tidak mendapatkan uang sama sekali. dr.Tirta tidak cuma sekali pernah tampil di podcast itu. "Di sana kita berbagi layaknya pertemanan, benar-benar pertemanan," kata dr.Tirta mengungkapan di Instagram.

Namun pria yang pernah menjadi bagian dari Satgas Pencegahan COVID-19 ini menceritakan bahwa ia datang sendiri ketika jadi bintang tamu, termasuk saat berangkat dari luar kota, semisal dari Yogyakarta. "Transport pun sendiri dari Cawang, dari Jogja ke sana sendiri, beli siomai di depan studio C itu sendiri," pungkas dr.Tirta.

Wanda Ponika (Pikiran Rakyat)