Deretan Teknologi Militer Buatan Indonesia yang Canggih

tiga teknologi militer canggih buatan Indonesia

Kata siapa hanya militer luar negeri yang memiliki teknologi canggih? Kekuatan militer Indonesia juga sudah terbukti cukup disegani oleh dunia internasional. 

Beberapa kali pasukan dari TNI bergabung dengan PBB di sejumlah negera konflik. Tidak sedikit juga prestasi level internasional yang diraih para tentara Indonesia. 

Nah berikut ini adalah beberapa senjata militer canggih yang diciptakan Indonesia. 

Panser Anoa 

Kendaraan tempur lapis baja ini mampu menahan tembakan senapan AK47 dan M-16. Dilengkapi senapan mesin berkaliber 12,7 mm atau peluncur granat otomatis berkaliber 40 mm. Teknologi canggih buatan PT Pindad Indonesia ini sudah pernah dipesan Oman dan Malaysia. 

Kepala Roket (Smoke Warhead)

(NI Akan Kirim Panser Anoa ke Sudan via Tempo.com)

Smoke Warhead ini merupakan kepala roket berdiameter 70mm yang bisa dipasangkan dnegan roket pesawat seperti Super Tucano. Senjata ini mampu memberikan informasi posisi jatuh roket kepada pilot. Bukan cuma TNI, Smoke Warhead buatan PT Sari Bahari, Malang, Jawa timur ini telah diekspor ke Cile, kualitasnya disebut lebih baik dari buatan AS dan Rusia. 

Pesawat CN 235-MPA

(iglobalnews.co.id)

Pesawat jenis MPA ini pernah dipesan oleh beberapa negara seperti Korea Selatan dan Senegal. Pesawat CN-235 MPA buatan PT Dirgantara Indonesia ini dilengkapi dengan sistem navigasi, komunikasi dan misi yang canggih. Diantaranya ada sistem penjejak panas, radar warning receiver, rudal, hingga torpedo ringan. 

(airspace-review.com)