Jangan Masuk Sini! Deretan Rumah Tahanan Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Rumah tahanan ini ngeri banget gengs. Dari yang gak keurus sampe berbagai model penyiksaan terjadi semua di sana. Hii....

Kemaren kan kita udah ngebahas soal penjara mewah yang nyaman dan bikin betah tuh di dunia. Nah sekarang kita ngebahas deretan rumah tahanan (rutan) paling mengerikan di dunia yuk gengs.

Penjara dibangun dalam rangka merumahkan para pelaku kejahatan. Harapannya sih kapok dan gak akan mengulangi perbuatannya lagi. Tapi ada aja yang tetep melakukannya. Mulai dari kasus pembunuhan, perampokan, penipuan, hingga korupsi dan seterusnya.

Dalam daftar di bawah ini, rutan justru bener-bener mengerikan gengs. Ditakutin malah sama sebagian besar penjahat di dunia. Saking nyereminnya, lapas-lapas berikut terkenal banget deh. Soalnya, para pelaku kriminal yang jahat sekalipun bakal males masuk sana.

Udah simak aja deh kuy deretan rumah tahanan paling kejam dan mengerikan di dunia ini.

1. Sabaneta Prison, Venezuela

Venezuela tercatat sebagai negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi nomer dua di dunia. Jadi gak usah heran kalo penjara di sana dianggap paling kejam juga di muka bumi.

Direktur Penjara Venezuela Humberto Prado mengatakan 80 persen penjara di sana diisi oleh tahanan yang terlibat dalam kasus pembunuhan. Lapas ini sendiri dipadati sekitar 3.700 narapidana. Padahal kuotanya cuman 700 orang aja.

Bisa bayangin gak tuh kehidupan orang-orang di dalemnya kek gimana? Udah gitu, Sabaneta Prison juga dikenal sebagai penjara paling jorok lagi. Bahkan jauh dari kesan tertib sekalipun. Aduh... males banget ya.

Tuh, hawanya aja udah horor banget (pause-ton-cerveau.com)

2. Rikers Island Prison, Amerika Serikat

Penjara di Pulau Rikers ini dikenal paling brutal. Kalo dikasih pilihan, para tahanannya pun mending hidup di jalan aja daripada di masuk sana.

Letaknya berada di pulau kecil di negara bagian New York, AS. Gokilnya, penjara ini cuma punya satu pintu masuk aja. Jadi otomatis penjara ini mengisolasi para tahanan. Ya, mau kemana lagi coba?

Emosi dan fisik para tahanan ditekan banget di sini. Malah, pernah ada kasus salah seorang tahanan wanita diperkosa dan gak pernah diusut tuh kasusnya. Para napi yang gak kuat hidup di sana pun juga banyak yang milih bunuh diri.

Penjara paling brutal di Amrik nih gengs (commonsdreams.org)

3. Bang Kwang Prison, Thailand

Plis jangan ke sana... soalnya jaraknya cuman beberapa kilometer doang dari pusat kota Bangkok, Thailand. Udha gitu, penjara ini dikenal juga sebagai lapas dengan pelayanan terburuk gengs!

Petugas yang berjaga di sana jumlahnya jauh lebih sedikit dari narapidana yang menghuni. Kadang, napinya malah cuman dapet makan sekali doang. Mungkin pernah juga gak makan sama sekali.

Gak ada saluran air yang baik. Saluran pembuangannya juga... ampun deh. Parahnya nih, penjara ini padet banget, jadi kayak udah biasa aja tuh kalo para narapidana di Bang Kwang Prison malah malnutrisi dan serig ketularan penyakit berbahaya. Banyak juga tuh yang meninggal dalam keadaan sakit keras.

Nih Penjara Bakwan, eh, Bang Kwang, yang terkenal mengerikan (bangkokpost.com)

4. Petak Island Prison, Rusia

Penjara ini bernama OE-256/5, atau penjara Pulau Petak. Penjara ini dirancang khusus untuk menampung tahanan paling bahaya! Di sana minim bentrok gengs, soalnya tahanannya ditempatin sendiri-sendiri.

Terus apa ngerinya? Tahanan di penjara Petak ini dibatasi, satu sel diisi 2 orang. Tapi di-rolling setiap 22 jam 30 menit per hari. Kondisi ini nih yang ngancurin mental tahanan. Soalnya kan cuma bisa komunikasi selama waktu yang ditentukan itu doang. Ganti sel berarti ganti orang. Dan belom tau orang itu kasusnya apa. Idih....

Gak usah ngebayangin gimana dampak psikologis para tahanan di sana. Rusia kan dingin tuh, nah para tahanan dikurung sepanjang hari. Parahnya, kepribadian para tahanan bakal lebih buruk lagi setelah 3-4 tahun mendekam di situ. Kondisi ini dianggap paling berat di antara penjara manapun di dunia.

Penjara ini bukan sepetak doang, tapi terletak di Pulau Petak (hankermag.com)

5. Penjara Tadmor, Suriah

Kota kecil bernama Tadmur di Suriah terkenal karena ada penjara paling mengerikan di dunia. Rutan ini terletak gak jauh dari padang pasir di sebelah timur ibu kota Damaskus.

Yang ditahan di sini adalah penjahat kelas kakap termasuk tahanan politik. Semua narapidana dapat pelayanan khusus, yaitu disiksa dengan cara yang sama! Jadi zona bebas "benar" atau "salah" deh gengs.

Karena kondisinya, penjara itu punya catatan pelanggaran HAM berat. Termasuk penyiksaan dan eksekusi tanpa pengadilan. Makanya, tahun 2001 lalu, penjara ini ditutup.

Tapi sedekade kemudian, rumah tahanan ini dibuka lagi dengan sedikit perbaikan. Namun menampung lebih banyak lagi narapidana. Sementara tahun 2015 lalu, penjara ini resmi dikuasai ISIS.

Gitu deh pokoknya... deretan rumah tahanan paling mengerikan di dunia. Biar kalian tau aja bahwa neraka dunia tuh ada juga loh sebenernya.

Udah... ga usah dibayangin gimana di sana, liat aja tuh kayak gitu (dailymail.co.uk)