Cara Menghitamkan Rambut Alami Tanpa Bahan Kimia Berbahaya

Rambut hitam alami adalah ciri khas orang Indonesia. Andaikata semua orang adalah raja/ratu, maka rambut hitam ini merupakan mahkota. Nggak heran apabila banyak yang ingin mengetahui cara menghitamkan rambut secara alami.

Memiliki rambut berwarna hitam adalah dambaan orang Indonesia. Soalnya warna rambut hitam itu ya ciri khas utama kita. Tapi suka susah mempertahankan hitam yang alami berkilau. Seringnya jadi merah-merah karena kebanyakan kena sinar mata hari saat main layangan.

Udah gitu rambut bisa rusak dan menjadi kusam atau bahkan beruban. Banyak cara yang akhirnya ditempuh orang-orang untuk kembali menghitamkan rambut. Namun cara-cara ini terhitung instan karena menggunakan bahan kimia yang cenderung berbahaya. Oleh karena itu, kali ini kami akan berbagi tips menghitamkan rambut menggunakan bahan alamiah yang tidak merusak rambut.

# Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah dikenal sejak dahulu dapat menghitamkan rambut secara alami. Untuk mendapatkan rambut hitam alami dari minyak kemiri cukup mudah. Kamu hanya mengoleskan minyak kemiri ke sekujur rambut pada pagi dan malam hari. Banyak yang ngejual minyak kemiri di toko online kok. Atau banyak juga tutorial membuat minyak kemiri sendiri di internet yang bisa kalian contoh.

Minyak kemiri (misterexportir.com)

# Biji Pepaya

Habis makan pepaya, bijinya jangan dibuang dulu ya geng. Dengan teknik yang tepat, biji pepaya dapat digunakan untuk menghitamkan rambut. Yakni dengan menyangrai biji pepaya kemudian tumbuk hingga halus. Campurkan biji pepaya dengan minyak kelapa lalu oleskan pada rambut hingga merata. Diamkan kurang lebih 2-3 jam. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Biji pepaya (infobuahpepaya.blogspot.com)

# Teh Hitam

Jika ingin menghitamkan rambut secara alami mengunakan teh hitam, caranya dengan mendidihkan air teh hitam. Diamkan beberapa saat hingga air tak lagi panas, kemudian rendam rambutmu ke dalam air teh hitam tadi. Setelah beberapa saat kemudian bilas rambut hingga bersih.

Daun teh kering (vebma.com)

# Kopi Hitam

Tidak hanya teh, kopi hitam pun dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghitamkan rambut. Tapi ingat, gunakan kopi hitam yang tidak dicampur dengan bahan yang lainnya. Cara pemakainnya pun sama dengan cara menggunakan teh hitam.

Biji kopi (merahputih.com)

# Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga sudah sering digunakan untuk perawatan rambut. Cara penggunaannya pun sama dengan penggunaan minyak kemiri di atas tadi. Oleskan secara rutin agar rambut kalian hitam berkilau maksimal.

Minyak zaitun (elevenia.co.id)

# Mangga

Ternyata buah mangga pun dapat dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut dengan dijadikan masker. Siapkan buah mangga yang masih mentah dan juga daunnya. Hancurkan buah mangga beserta daunnya tersebut hingga halus. Tambah sedikit minyak kelapa, aduk hingga merata. Kenakan masker rambut mangga ini dan diamkan beberapa saat kurang lebih 1 – 2 jam. Selanjutnya bilas hingga bersih.

Mangga muda (klikpositif.com)

# Daun dan Bunga Sepatu

Cara menghitamkan rambut alami selanjutnya adalah memanfaatkan daun dan bunga sepatu. Ambil beberapa tangkai bunga sepatu dan daunnya kemudian rendam di dalam air. Remas–remas rendaman ini hingga mengeluarkan lendir. Gunakan perasan tadi seperti krim penghitam rambut. Bilas hingga bersih setelah beberapa waktu didiamkan.

Bunga sepatu (senandungparahyanganbr.blogspot.com)

# Alpukat

Alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut. Caranya ambil buah alpukat yang telah matang, kemudian hancurkan hingga halus. Lalu campurkan dengan sebutir telur dan minyak zaitun secukupnya, aduk hingga merata. Oleskan ke rambut secara menyeluruh hingga ke akarnya. Diamkan kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan air dan juga shampo. Lakukanlah minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Buah alpukat (inspirasi.co)