Menurut Survei Terbaru Prakerja, Inilah 10 Pekerjaan Paling Banyak Dicari oleh Perusahaan

Menurut Survei Terbaru Prakerja, Inilah 10 Pekerjaan Paling Banyak Dicari oleh Perusahaan

Sudah menjadi rahasia umum jika tingkat pengangguran di Indonesia makin hari makin meningkat. Hal ini dikarenakan tidak sebandingnya lapangan pekerjaan yang tersedia dengan jumlah lulusan yang ada.

Hal ini diperparah dengan adanya pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Jangankan menambah jumlah pekerja, mereka justru terpaksa merumahkan beberapa karyawannya.

Prihatin dengan hal tersebut, pemerintah mencoba membuat solusi dengan mengadakan Program Kartu Prakerja yang sudah berlalu lebih dari 1 tahun dengan beberapa gelombang.

Program Kartu Prakerja gelombang 20 telah resmi dibuka pada Kamis, (9/9/2021) lali. Informasi tersebut dibagikan langsung melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

Bagi kamu yang tertarik mengikuti Program Kartu Prakerja segera daftarkan diri agar tidak terlambat ya, karena kuota di setiap gelombang terbatas. Namun, sebelum mendaftar alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu daftar pekerjaan yang paling banyak dicari oleh Recruiter.

Ilustrasi Pekerjaan Paling Banyak Dicari oleh Perusahaan (Shutterstock)

Dilansir dari laman resmi prakerja.go.id, Jumat (10/9/2021) berikut adalah 10 daftar pekerjaan yang paling banyak dicari pada penerima lowongan pekerjaan per Agustus 2021:

1. Penjualan dan Pemasaran: 3581 lowongan

2. Administrasi: 2065 lowongan

3. Keuangan dan Akuntansi: 1090 lowongan

4. Manufaktur: 1004

5. DIA: 730 lowongan

6. Angkutan: 332

7. Pendidikan dan Pelatihan:312

8. Fresh Graduate dan Magang: 306

9. Art, Media dan Komunikasi: 273

10. Rekayasa: 233 lowongan

Ilustrasi Pekerjaan Paling Banyak Dicari oleh Perusahaan (First Media)

Selain 10 pekerjaan di atas, ada juga lowongan pekerjaan lain meski jumlahnya kurang dari 200 lowongan, misalnya  untuk pekerjaan umum, hotel dan restaurant, kesehatan, konsultasi dan pelayanan hukum, ilmu serta bangunan dan konstruksi.

Semua pekerjaan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, dengan acuan daftar pekerjaan yang paling banyak dicari pada bulan Agustus ini, diharapkan bagi kamu yang akan mengikuti pelatihan Kartu Prakerja dapat mempertimbangkan pilihan sebaik mungkin.

Sebagaimana diketahui, program Kartu Prakerja merupakan program dari pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan untuk para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK hingga untuk pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi khususnya.

Ilustrasi Pekerjaan Paling Banyak Dicari oleh Perusahaan (Shutterstock)