Viral Para Santri Tutup Kuping Saat Dengar Musik, Menganggap Haram?

Sekelompok Santri terlihat menutup kuping saat mendengarkan alunan musik. Apakah mereka menganut paham yang menyebut jika musik adalah haram?

Sebuah video beredar di media sosial dan menjadi viral karena menunjukan reaksi para santri sebuah pesantren yang kompak menutup kuping saat terdengar alunan musik di sebuah lokasi vaksinasi COVID-19. Diduga para santri remaja tersebut serentak menutup kuping karena diduga anggap musik adalah haram.

Video itu pertama kali diunggah oleh akun Twitter @Alextham878. Si pemilik akun menyayangkan sikap para santri yang diduga menganggap musik itu haram sehingga tak mau mendengarkannya. Menurutnya cara santri dalam hidup beragama dianggapnya ribet karena tidak mau dengar musik yang merupakan bagian dari keindahan.

Bahkan reaksi yang dilakukan para santri tersebut dianggap mirip dengan tentara Taliban di Afghanistan. "Gayanya mirip sekali dengan Taliban," tambah pemilik akun tersebut.

Sementara salah satu orang yang diduga kerabat para santri itu mengatakan dirinya memang sengaja mengantarkan para santri untuk melakukan vaksin. "MasyaAllah santri kami sedang antri untuk vaksin," beber orang tersebut.

Ia mengatakan santri-santri tersebut memang sengaja menutup kuping karena ada suara musik. "Astagfirullah di tempat vaksin ini ada suara musik, anda lihat santri-santri kami menutup kupingnya agar mereka tidak mendengar suara musik," kata orang tersebut.

Para Santri Menutup Kuping Diduga Mengharamkan Musik (ERA.ID)

Polemik mendengarkan dan memainkan musik haram mencuat setelah mantan gitaris NOAH, Uki mencurahkan isi hatinya di Instagram. Ia menjelaskan soal hukum memainkan alat musik yang diatur dalam Islam. "Hukum memainkan alat musik Syaikhul Islam ibnu Taimiyah rahimahumullah mengatakan tidak ada satu pun dari empat ulama madzhab yang berselisih pendapat mengenai haramnya alat musik (Majmuáh Al Fatawa, 11;576-577),"tulis Uki.

Merespon pernyataan Uki, Ustaz Zacky Mirza memberikan penjelasan. "Ada sebagian ulama yang menyebut musik ini haram. Sebagian besar mengatakan musik ini justru tergantung bisa membawa iman kita menjadi lebih naik atau jangan jangan turun. Contoh musik shalawat itu kan buat kita inget Allah. Tergantung orangnya sih, kalau segala syair dalam lagu, bahkan lagu cinta sekalipun, kalau kita bawa syair itu kepada Allah jadi indah," ungkap Ustaz Zacky dilansir dari Insertlive.

Uki Eks NOAH Sebut Musik Adalah Haram (Pikiran Rakyat)