Begini Cara Menyimpan Daging Tanpa Kulkas, Dijamin Tahan Lama

Begini Cara Menyimpan Daging Tanpa Kulkas, Dijamin Tahan Lama

Menyimpan daging di dalam kulkas atau freezer bukanlah satu-satunya cara agar daging tidak cepat busuk. Sejak jaman dahulu sebelum adanya kulkas, orang-orang masih menggunakan cara-cara yang tradisional untuk mengawetkan daging.

Jaman dahulu manusia mampu menyimpan daging tanpa bantuan teknologi apapun. Dengan hanya menggunakan bahan-bahan alami orang-orang jaman dulu bisa mengawetkan daging supaya bisa dikonsumsi lebih lama.

Cara menyimpan daging tanpa kulkas bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan dapur yang mudah didapatkan. Berikut beberapa tips dan cara menyimpan daging tanpa kulkas.

1. Jangan Mencuci Daging

Daging yang dicuci membuat kandungan air pada daging bertambah sehingga membuat daging lembab dan mudah terkontaminasi dengan bakteri lainnya. Hal ini menyebabkan proses pembusukkan menjadi semakin cepat.

2. Penggaraman Daging

https://unsplash.com/

Garam berfungsi sebagai antimikroba. Mineral yang terkandung dalam garam bisa membuat daging lebih awet hingga berpekan-pekan lamanya meski tak dimasukkan ke dalam kulkas. Untuk melakukannya, potonglah daging menjadi beberapa bagian. Lalu taburi garam pada setiap sisinya. Masukkan daging ke dalam wadah bersih lalu tutup rapat-rapat.

3. Pengalengan Daging

https://unsplash.com/

Pengalengsan pada konsepnyanya menjadikan makanan steril dalam sebuah wadah kaleng. Secara tradisional, kaleng disterilkan dalam air. Tetapi, hal tersebut dianggap tidak aman untuk daging. Selama kaleng tertutup rapat sehingga tidak ada aliran air dan udara, maka daging dapat bertahan hingga bertahun-tahun.

4. Pengeringan Daging

https://www.pexels.com/

Proses pengeringan dapat dilakukan dengan cara menjemur daging. Pertama, iris daging tipis-tipis kemudian luluri daging dengan larutan air garam. Letakkan daging di bawah sinar matahari dan jemur hingga kering. Cara ini bisa membuat daging awet hingga 1 bulan. Metode pengeringan akan membuat daging bertahan selama berbulan-bulan. Jangan lupa untuk singkirkan kulit dan lemak daging sebelum dikeringkan, karena pada lemak akan menghasilkan bau kurang sedap ketika disimpan. Dan, tetap pastikan daging aman dari serangga.

https://unsplash.com/