Makanan yang Mengandung Melanin, Baik untuk Kulit Kamu!

Makanan yang Mengandung Melanin, Baik untuk Kulit Kamu!

Setiap orang punya caranya masing-masing untuk merawat kulitnya. Tetapi, kulit yang cantik dimulai dengan nutrisi dari dalam. Nutrisi penting yang dibutuhkan kulit bisa dengan mudah kamu dapatkan dari berbagai makanan yang mengandung melanin, lho!

Melanin merupakan pigmen atau warna yang terdapat pada kulit, rambut, dan mata. Secara umum, orang yang punya warna kulit lebih gelap, melaninnya lebih banyak daripada orang yang punya warna kulit lebih terang.

Dilansir Healthline.com (11/2), selain memberikan pigmentasi, melanin juga punya peran biologis penting, yaitu memberikan perlindungan lapisan luar kulit terhadap sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Melanin melakukan perlindungan ke semua bentuk sinar UV (UVA, UVB, dan UVB) dengan menyerapnya sebelum merusak DNA sensitif sel-sel kulit.

Meningkatkan melanin adalah cara untuk memblokir risiko terjadi kanker kulit. Ada beberapa nutrisi penting yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan melanin secara alami, seperti antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan herbal.

Makanan yang Mengandung Melanin (via The Times)

Makanan yang kaya akan antioksidan adalah sayur-sayuran, beri hitam, dan dark chocolate (coklat hitam). Sedangkan yang kaya akan vitamin A adalah wortel, labu, ubi jalar, ikan, dan daging. Vitamin C yang banyak terkandung pada jeruk, beri-berian, dan sayuran berwarna hijau, juga sangat baik untuk mengoptimalkan produksi melanin.

Untuk vitamin E, dapat ditemukan pada sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Namun, jika kamu tertarik untuk meningkatkan melanin dengan herbal, kamu bisa mengonsumsi teh, minyak esensial, dan suplemen.

Makanan yang Mengandung Melanin (via Merdeka.com)

Meskipun tingkat melanin alami dan warna kulit seseorang ditentukan oleh genetika, tetapi semua orang dengan warna kulit apapun harus melindungi diri dari sinar UV. Selain mengonsumsi makanan yang mengandung melanin, gunakan juga sunscreen setiap keluar rumah di siang hari, ya!

Makanan yang Mengandung Melanin (via Okezone.com)