Dunia kerja menjadi tantangan baru bagi para lulusan baru sebuah perguruan tinggi. Ketika memasuki dunia kerja, seorang fresh graduate diibaratkan bayi yang baru lahir. Hal ini dikarenakan mereka belum mempunyai pengalaman dan jam terbang di bidang pekerjaannya.
Selain pengalaman, hal yang lebih penting adalah skill untuk memulai meniti karier. Skill atau keterampilan meliputi hard skill dan soft skill. Hard skill berupa keterampilan yang didapatkan dari pengalaman atau pendidikan formal. Sedangkan soft skill adalah kepribadian, kemampuan berkomunikasi, dan sebagainya.
Kedua jenis skill tersebut bisa didapatkan sejak masih kuliah. Lalu apa saja sih hard skill dan soft skill yang harus dimiliki fresh graduate untuk memasuki dunia kerja? Mari kita simak daftarnya berikut ini.
1. Mahir Menggunakan Teknologi Modern
Pada era serba digital seperti saat ini, hampir seluruh komponen pekerjaan melibatkan teknologi modern termasuk komputer. Oleh karena itu, fresh graduate harus memahami pengetahuan dasar tentang ilmu komputer serta mampu mengoperasikannya. Tak hanya komputer, pemahaman tentang gadget juga penting. Sebab seringkali dalam pekerjaan ada presentasi dan data yang harus dilaporkan secara jelas.
2. Menguasai Media Sosial
https://www.pexels.com/
Media sosial bukan hanya sebagai media interaksi jarak jauh, namun juga bisa membantu peningkatan bisnis. Mengelola media sosial telah menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Pekerjaan tersebut termasuk ke dalam divisi Digital Marketing. Menguasai media sosial juga penting untuk berbagai bidang pekerjaan dalam melihat trend yang sedang ramai. Hal itu bisa memberi acuan tentang pasar atau customer sebuah bisnis atau perusahaan.
3. Berpikir Kreatif dan Inovatif
https://www.pexels.com/
Berpikir secara kreatif dan inovatif merupakan hal nyata yang harus Anda hadapi di dunia kerja. Anda bisa melatih kemampuan berpikir kreatif dengan membaca, menonton, mengikuti workshop, berdiskusi, atau memperbanyak pengalaman magang saat kuliah.
4. Memiliki Kemampuan Analisis
https://www.pexels.com/
Salah satu skill yang dibutuhkan untuk menghadapi berbagai hal adalah kemampuan analisis dan memberi solusi. Selain itu, Anda juga harus memiliki pola pikir kritis dengan berbagai sudut pandang agar mampu membuat perusahaan berkembang.
https://www.pexels.com/