6 Pilihan Buah Ini Punya Manfaat Baik Untuk Para Penderita Covid-19, Apa Saja?

6 Pilihan Buah Ini Punya Manfaat Baik Untuk Para Penderita Covid-19, Apa Saja?

Mengkonsumsi buah-buahan dalam keseharian sangatlah penting. Apalagi buat para penderita Covid-19 yang pastinya butuh banyak asupan vitamin dan mineral.

Nah, ada beberapa jenis buah yang diketahui punya kandungan tinggi antioksidan, vitamin dan mineral, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi lebih banyak bagi penderita Covid-19. Apa saja? Berikut adalah beberapa pilihan buah yang baik untuk pasien Covid-19.

# Semangka

Bagi penderita Covid-19, mereka harus bisa menjaga tubuhnya agar tetap terhidrasi dengan baik. Selain banyak minum air putih, mengkonsumsi buah yang tinggi kandungan airnya juga sangat membantu.

Seperti semangka, salah satu buah yang 92 persennya mengandung air. Dalam 154 gram semangka mengandung setengah gelas atau 118 ml air. Apalagi, semangka juga tinggi kandungan vitamin C, A dan magnesium yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

# Jeruk

Buah semangka (via tribunnews)

Berikutnya adalah jeruk, buah yang dikenal dengan tinggi kandungan vitamin C. Selain vitamin C, buah jeruk juga mengandung antioksidan sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Mengkonsumsi 1 buah butir jeruk setiap harinya sangat disarankan bagi penderita Covid-19. Setiap 100 gram-nya mengandung 53 mg vitamin C. sedangkan satu jeruk berukuran sedang punya kandungan vitamin C 70 mg.

Kamu bisa memilih aneka jenis jeruk seperti jeruk bali, mandarin atau jeruk limau.

# Kiwi

Kiwi juga menjadi pilihan buah yang baik untuk para pendeirta Covid-19. Buah yang punya rasa asam manis ini bisa membantu saluran pencernaan serta meningkatkan imunitas tubuh.

Satu buah kiwi gak hanya tinggi kandungan serat saja, tapi juga vitamin C yang dua kali lebih tinggi dibandingkan jeruk. Selain itu, kiwi juga mengandung lima kali lebih tinggi vitamin E dibandingkan apel.

# Stroberi

Buah jeruk (via hellosehat)

Stroberi memiliki kandungan serat yang tinggi untuk menjaga kesehatan pencernaanmu. Buah ini juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh, bersifat anti-inflamasi dan mengatur mood.

Setiap 128 gram stroberi terkandung vitamin C yang sudah mencakupi 100 persen asupan harian. Buah berwarna merah merona ini juga ampuh melawan segala penyakit di berbagai usia karena tingginya kandungan vitamin C dan kolagen di dalamnya.

# Jambu Biji Merah

Jambu biji merah merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Sehingga, gak diragukan lagi kalo buah ini punya kemampuan untuk menjaga kestabilan imunitas tubuh dan mencegah infeksi flu maupun virus.

Apalagi bagi penderita Covid-19, mengkonsumsi jus jambu setiap hari bisa membantu meredakan batuk pilek, serta membantu mengeluarkan lendir yang terdapat di tenggorokan dan paru-paru.

# Pepaya

Terakhir adalah pepaya. Buah ini punya kandungan vitamin A, B9, B1, B3, B5, E, K dan C. Selain itu pepaya juga memiliki antioksidan tinggi sehingga ampuh melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan fungsi organ.

Dilansir dari WebMD, satu butir pepaya memiliki kandungan 235 vitamin C. Jelas, kandungan  ini sudah bisa memenuhi 2 kali lebih banyak asupan harian kamu. Jadi, buat para penderita Covid-19 sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah pepaya agar dapat membentuk formasi antibodi yang mempercepat penyembuhan.

Buah stroberi (via kompas)