Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Tanpa Harus ke Dokter

Penasaran skincare apa yang paling cocok untuk kamu, yuk ketahui cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tepat!

Agar tampil glowing dan bercahaya, kamu perlu menggunakan skincare yang tepat. Namun sebelum memilih produk, ada baiknya kamu terlebih dahulu memahami bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah. Dengan demikian, kamu tahu mana yang benar-benar pas untukmu.

Pada umumnya jenis kulit wajah terbagi menjadi 4 yaitu normal, kering, berminyak dan kombinasi. Meskipun begitu tak sedikit yang masih bingung dengan jenis kulit wajah yang dimiliki. Mengetahui jenis kulit wajah itu sangat penting karena agar memudahkan kita untuk memilih skincare dan make up yang cocok dengan kulit wajah kita dan tidak sembarangan memakai skincare dan makeup.

Untuk mengetahui jenis kulit wajah yang kita miliki, kita bisa memeriksakan ke dokter kulit dan berkonsultasi. Selain itu kita juga bisa memeriksanya sendiri di rumah dengan beberapa benda rumah yaitu pembersih wajah yang biasa digunakan setiap hari, handuk untuk mengeringkan kulit wajah, dan selembar tisu atau blotting paper.

Setelah semuanya siap, lakukan langkah pertama yaitu membersihkan wajah seperti biasanya. Tidak ada cara khusus dalam tahap ini akan tetapi jangan menggunakan air panas agar tidak merusak kulit. Gunakan air dengan suhu normal, setelah itu biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk dengan handuk bersih untuk menyerap sisa air.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah (via Nisa Goldskin)

Setelah mencuci muka, biarkan wajah selama 30 menit jangan gunakan apapun pada wajah karena hal ini bertujuan untuk melihat seperti apa kondisi kulit nantinya. Setelah 30 menit, gunakan blotting paper atau tisu dengan cara menekan pada seluruh bagian wajah mulai daerah T yaitu dahi, hidung dan dagu kemudian pipi lalu ke area wajah yang lainnya.

Setelah itu lihat berapa banyak minyak yang menempel di tisu atau blotting paper. Jika pada tisu terlihat minyak di seluruh area wajah, ini artinya kulit wajah memiliki jenis kulit berminyak, namun apabila minyak hanya muncul di daerah T zone saja berarti kulit wajah cenderung kombinasi.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah (via Shalys Chan)

Jika kulit hanya terasa lembab dan hanya sedikir minyak yang terserap, berarti termasuk jenis normal. Jika tidak terdapat minyak sama sekali pada wajah dan kulit terasa seperti tertarik karena tidak diberi pelembab apapun, itu tandanya jenis kulitnya kering.

Ternyata cara mengetahui jenis kulit wajah sangat mudah, ya! Tidak perlu alat khusus untuk melakukannya dan kita bisa mengetahui jenis kulit kita sendiri dengan cepat. Setelah mengetahui jenis kulit wajah anda, sekarang sudah bisa memilih skincare dan juga make up mana yang cocok untuk jenis kulit wajah yang anda miliki.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah (via Alodokter)