Aturan Olahraga di Tempat Umum Selama PPKM Level 3, Boleh Lepas Masker? Simak Faktanya!

Aturan Olahraga di Tempat Umum Selama PPKM Level 3, Boleh Lepas Masker? Simak Faktanya!

Olahraga atau aktivitas fisik sebagai bagian dari pola hidup sehat merupakan hal yang sangat penting di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini.

Dikutip dari International Journal of Cardiovascular Science, olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang, dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Sedangkan, olahraga dengan intensitas tinggi dan berkepanjangan tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat menyebabkan imunosupresi atau menurunkan imunitas tubuh.

Sayangnya, hingga 30 Agustus 2021 mendatang pemerintah masih melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Meski beberapa daerah kini turun level dari 4 ke 3.

Terus gimana dong, boleh nggak olahraga di tempat umum? Boleh lepas masker juga nggak nih? Nggak usah bingung! Yuk, ah simak aja ulasannya di bawah ini!

Aturan Olahraga di Tempat Umum Selama PPKM Level 3, Boleh Lepas Masker Simak Faktanya! (Detikcom)

Ada beberapa perubahan yang terjadi seperti kegiatan olahraga di ruang terbuka yang kini bisa digunakan baik individu atau kelompok kecil. Terutama di wilayah yang menerapkan PPKM level 3.

Hal ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali.

Ya, kapasitas yang ditentukan yakni 50 persen dari kapasitas normal, dan kegiatan olahraga di dalam ruangan belum diperbolehkan.

Aturan Olahraga di Tempat Umum Selama PPKM Level 3, Boleh Lepas Masker Simak Faktanya! (KlikDokter)

Selain itu, ada beberapa persyaratan yang harus diikuti seperti pengecekan suhu bagi seseorang yang masuk ke dalam fasilitas olahraga. Serta, para pengunjung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk verifikasi status vaksinasi Covid-19.

Masker juga menjadi hal yang wajib digunakan saat melakukan olahraga selama pandemi ini. Namun, untuk beberapa olahraga yang harus melepaskan masker bisa tetap dilakukan.

Olahraga memang sudah bagian dari gaya hidup yang tak terpisahkan. Sebab, dengan rutin berolahraga tubuh akan tetap bugar dan memberikan manfaat yang baik guna meningkatkan imun tubuh.

Aturan Olahraga di Tempat Umum Selama PPKM Level 3, Boleh Lepas Masker Simak Faktanya! (Jovee)

Aturan Olahraga di Tempat Umum Selama PPKM Level 3, Boleh Lepas Masker Simak Faktanya! (Liputan6.com) Tapi, jangan sampai olahraga menjadi boomerang bagi diri sendiri dan cara di atas wajib dilakukan agar tetap aman, ya gengs.