Tak Hanya Bom Nuklir, Ternyata Hal Ini Juga Bisa Menghancurkan Amerika Serikat dalam Sekejap

Tak Hanya Bom Nuklir, Ternyata Hal Ini Juga Bisa Menghancurkan Amerika Serikat dalam Sekejap

Dengan hanya 1 kali ledakan bom nuklir, satu wilayah yang sangat luas bisa hancur berkeping-keping. Semua orang yang tinggal di wilayah tersebut pun bisa musnah dalam sekejap. Seram kan? Itulah kekuatan bom nuklir.

Peristiwa yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II, tahun 1945 adalah bukti bahwa bom nuklir punya kekuatan yang luar biasa dalam menghancurkan sebuah kota.

Namun, meskipun kekuatan bom nuklir begitu hebat untuk menghancurkan sebuah wilayah/kota. Nyatanya ada hal lain yang bisa menghancurkan Amerika Serikat.

Seorang ilmuwan bahkan bisa dengan yakin dapat menghancurkan Amerika di peta dunia dengan cara ini.

# Yang Bisa Menyebabkan Amerika Hancur

Mengutip Dailystar, disebutkan bahwa seorang ahli geologi Universitas di Katowice Polandia, Dr. Jerzy Zaba mengungkapkan bahwa selain bom nuklir, ada hal lain yang bisa menghancurkan Amerika Serikat.

Tidak hanya satu kota atau wilayah. Seluruh Amerika bahkan bisa hancur jika Gunung Yellowstone di Amerika Serikat meletus.

Lebih parah, enggak hanya Amerika yang akan hancur dan luluh lantak. Tapi seluruh dunia! Waduh!

# Tentang Gunung Yellowstone

Ledakan bom nuklir di Hiroshima dan Nagasaki (liputan6.com)

Gunung Yellowstone berada di Taman Nasional Yellowstone di Wyoming, Amerika Serikat. Sudah lama sekali, sekitar ratusan tahun, gunung berapi ini tidak meletus. Meskipun begitu, sudah ada banyak peringatan yang muncul beberapa tahun terakhir ini.

Dr Zaba mengatakan bahwa jika Gunung Yellowstone nanti meletus. Letusannya diperkirakan akan mirip dengan letusan 640.000 tahun lalu. Yang menghancurkan sebagian besar Amerika Serikat.

Ia juga menambahkan, "Material yang meletus akan menutupi segalanya dalam radius 500 km dengan lapisan setebal beberapa meter, dan karena emisi debu, gas, dan belerang monoksida ke atmosfer kita akan menyaksikan pendinginan iklim."

Kawah gunung berapi Yellowstone (traveltribunnews.com)

Ngerinya, dua pertiga populasi manusia akan mati juga jika sampai Gunung Yellowstone Supervolcano meletus. Sudah tentu jika itu terjadi, seluruh Amerika akan musnah.

Menurut sejarah, gunung berapi Yellowstone ini baru 3 kali mengalami letusan besar dalam 2,1 juta tahun terakhir. Tiap meletus, gunung ini menghancurkan sejumlah besar dunia.

Belum bisa meramalkan kapan gunung itu terjadi, Dr Zaba mendesak untuk melakukan evakuasi skala penuh dari Amerika Serikat. Terutama sekarang saat sudah muncul tanda-tanda.

"Satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah evakuasi orang-orang. Namun, jika kita bicara tentang seluruh negara yang cukup besar, maka mereka harus mencari benua lain.

 

Lebih jauh lagi dijelaskan Dr Zaba bahwa letusan itu ada di luar kendali manusia. Maka memang mau secanggih dan semaju apa pun negara Amerika Serikat, ia akan tetap musnah jika tidak melakukan evakuasi.

Mirip seperti letusan gunung berapi pada umumnya. Letusan Yellowstone akan memunculkan hujan abu yang merupakan aspek yang paling berbahaya. Sebab abu itu akan lebih pada enam kali dari air. Sehingga bangunan-bangunan akan terancam runtuh jika abu menumpuk di atap rumah.

Butuh waktu cukup lama, sekitar setahun lebih untuk bisa membersihkannya.

Diperkirakan, kota-kota besar seperti Los Angeles, San Francisco, Seattle, dan Chicago bisa menerima abu setebal 3 sentimeter.

Sedangkan kota besar lain seperti New York, Toronto, dan Miami baru akan menerimanya beberapa hari berikutnya. Akibat hujan abu tersebut, kendaraan bisa saja tidak berfungsi, dan air tidak bisa mengalir.

Wah ngeri banget ya ges. Kira-kira sampai juga ke Indonesia gak ya dampaknya? Amit-amit semoga enggak deh~

Ilustrasi tentang lava gunung berapi (techno.okezone.com)