Gak Cuma untuk Aromaterapi, Berikut Ini Ada 5 Manfaat Minyak Peppermint yang Wajib Kamu Tahu!

Gak Cuma untuk Aromaterapi, Berikut Ini Ada 5 Manfaat Minyak Peppermint yang Wajib Kamu Tahu!

Peppermint adalah ramuan aromatik dalam keluarga mint. Minyak peppermint termasuk mint hibrida yang merupakan persilangan antara spearmint dan watermint. Peppermint dapat ditemukan secara alami di Amerika Utara dan Eropa.

Minyak esensial peppermint dapat diekstraksi dari daun tanaman peppermint dan digunakan untuk berbagai tujuan yang berbeda.

Berikut ini 10 manfaat peppermint yang bisa kamu dapatkan

1. Untuk Mengatasi Mual

Mual sering terjadi setelah operasi. Satu studi kecil menilai adanya efek dari minyak peppermint yang dihirup pada mual pasca operasi. Mereka menemukan bahwa pasien merasa tingkat mual mereka lebih rendah setelah menghirup minyak peppermint.

Namun, tinjauan studi baru-baru ini meneliti efek aromaterapi pada mual pasca operasi. Empat dari studi yang ditinjau melibatkan minyak peppermint. Para pengulas menemukan bahwa menghirup minyak peppermint memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada tingkat keparahan mual.

2. Untuk rasa sakit

Minyak Wintergreen dan mentol telah digunakan untuk mengobati rasa sakit akibat sakit kepala tegang, migrain, dan penyebab lainnya.

Satu studi kecil menunjukkan bahwa aplikasi topikal dari larutan mentol 10 persen untuk pengobatan migrain.

3. Untuk kulit dan rambut

Menghirup uap peppermint dapat mengatasi mual (alodokter.com)

Minyak peppermint sering digunakan dalam produk kosmetik. Sebuah studi kecil menunjukkan bagaimana efek dari aplikasi topikal minyak peppermint dan efeknya pada gatal kronis. Para peneliti menemukan bahwa solusi satu persen minyak peppermint menyebabkan perbaikan dalam berapa lama gatal berlangsung dan tingkat keparahan gatal.

4. Melawan bakteri dan jamur

Minyak peppermint juga memiliki sifat antimikroba ringan. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menentukan efektivitasnya terhadap berbagai jenis bakteri dan jamur.

Satu studi menemukan bahwa inkubasi minyak peppermint dengan beberapa strain Staphylococcus aureus, beberapa di antaranya resisten antibiotik, menghambat produksi toksin bakteri penting. Efek ini bergantung pada dosis, artinya efeknya meningkat dengan meningkatnya dosis minyak peppermint.

5. Untuk pencernaan

Peppermint oil untuk rambut (orami.co.id)

Beberapa penelitian paling luas tentang manfaat minyak peppermint telah difokuskan pada IBS. IBS adalah kondisi gastrointestinal (GI) kronis yang dapat melibatkan sakit perut, diare, dan sembelit.

Sebuah tinjauan baru-baru ini dari 12 percobaan meneliti kemanjuran kapsul minyak peppermint jika dibandingkan dalam mengobati IBS. Para peneliti menemukan bahwa pengobatan dengan minyak peppermint memperbaiki sakit perut dan gejala IBS lainnya.

Nah, itu tadi 5 manfaat peppermint untuk kesehatan dan kulit yang perlu kamu tahu.

Perlu diingat, bahwa minyak peppermint sebaiknya tidak langsung diaplikasikan ke kulit, melainkan harus dicampur dengan carrier oil.

Selain itu, minyak ini juga tidak dianjurkan digunakan oleh anak-anak ataupun bayi.

Peppermint oil untuk pencernaan (idntimes.com)