Kenalan dengan Signal, Aplikasi Bayar Pajak Kendaraan

kenalan dulu dengan signal, aplikasi dari polantas untuk pembayaran pajak

Korps Lalu Lintas Polri mengumumkan siap merilis aplikasi pembayaran pajak online atau Samsat Digital Nasional disingkat Signal pada bulan depan. Peluncuran aplikasi Signal ini akan dilakukan bersamaan dengan perayaan HUT polisi lalu lintas yang dirayakan pada tanggal 22 September mendatang.

“InsyaAllah launching dilaksanakan 22 September bersamaan dengan ulang tahun Polantas,” ujar Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar Taslim Chairuddin, dikutip dari  CNN Indonesia.

Menurutnya aplikasi tersebut kini terus mengalami peningkatan meskipun statusnya masih dalam tahap uji coba. Uji coba telah dilakukan sejak 21 satu Juni dengan 15 wilayah seperti Jakarta, Bantenk, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Bali.

Berikutnya NTB, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Barat. Sejauh ini Signal telah diunduh sebanyak 36.532 lewat PlayStore.

(lustrasi Signal, aplikasi bayar pajak kendaraan bermotor via online. (Foto CNN Indonesia,Adhi Wicaksono))

Taslim juga menyebutkan bahwa pengguna Signal telah meningkat selama 3 hari kebelakang. Hal istimewa dari Signal adalah tetap bisa digunakan di hari libur.

Awalnya aplikasi ini direncanakan untuk dirilis pada 28 Juni namun harus ditunda karena pandemi Covid-19 dan juga kesibukan kepolisian menangani kebijakan PPKM.

Polisi mengaku sebelumnya Signal masih banyak menemui kendala, salah satunya diduga karena masyarakat masih belum memahami cara penggunaan aplikasi tersebut. Untungnya Signal telah banyak diperbaiki dan diperbaharui sehingga semakin memudahkan para penggunanya.

(Ilustrasi aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional)(ntmcpolri.info)