7 Tips untuk Ayah Baru, Demi Keluarga Sejahtera dan Bahagia

7 Tips untuk Ayah Baru, Demi Keluarga Sejahtera dan Bahagia

Menjadi seorang ayah mungkin jadi salah satu pengalaman terbesar di hidupmu.

Memanfaatkan waktu cuti untuk mengenal bayi adalah cara yang bagus untuk memulai hidupmu sebagai seorang ayah. Awal-awalnya mungkin tidak mudah. Tapi tenang saja, kamu pasti bisa melakukannya dengan baik asal mau belajar dan berusaha.

Berikut ini adalah 10 tips ayah baru yang akan sangat membantumu di awal-awal memiliki anak:

1. Libatkan Dirimu dalam Semua Aktivitas Mengurus Anak

Meskipun masih kaku dan takut-takut. Tapi jangan ragu untuk selalu terlibat mengurus segala hal yang berkaitan dengan bayimu. Mulai dari mengganti popok, memandikan, mengganti baju, mengajak bicara, menggendong, dan sebagainya.

2. Pelajari Setiap Bahasa Tubuh Bayi

Karena belum bisa bicara, tentu sulit memahami apa maksud dari bayi menangis. Tapi bukan berarti gak bisa dong. Coba baca banyak tulisan atau buku yang membahas tentang berbagai arti tangisan bayi atau bahasa tubuh mereka.

3. Ajak Bicara Bayimu Sesering Mungkin

Meskipun belum bisa ngomong bahasa manusia. Bayi suka lho diajak bicara. Katakan apa saja ketika kalian sedang berdua, misalnya "Popoknya ayah ganti ya sayang." atau "Kamu sudah kenyang ya abis nyusu?" dan sebagainya. Rajin mengajak anak ngomong bisa membantunya cepat bicara.

4. Rajin-Rajin Menyentuhnya

Koneksi ayah dan anak bisa dibangun dari ketika bayi masih di kandungan. Kamu bisa melakukannya dengan rajin menyentuh perut sang ibu, mengajak bicara. Ketika sudah lahir, kamu juga bisa sering-sering menggendongnya supaya ia mengingat aroma tubuhmu.

5. Bantu Istrimu Menyusui

Ayah mengganti popok bayi (mediapria.com)

Lelaki memang tak bisa menyusui bayi. Tapi bukan berarti kamu gak punya andil dalam keberhasilan menyusui. Justru peran ayah di sini sangat dibutuhkan dengan cara: mendampingi istri yang menyusui, memberikan pijatan ke istri supaya asi lancar, menyiapkan minum untuk istri, memberikan support dan semangat jika istri mengalami kesulitan menyusui, dan lain-lain.

6. Menjaga Hubunganmu dengan Istri Tetap Romantis

Ayah asi mendampingi istri menyusui (kumparan.com)

Punya anak memang luar biasa. Tapi jangan lupakan juga bahwa hubunganmu dan istri harus tetap dijaga. Jangan hanya ngurusi anak ya, istrimu juga butuh banget diperhatikan. Caranya, tanyakan apakah istrimu merasa kesulitan, lagi pengen makan apa, ajak ngobrol berdua, sediakan quality time berdua ketika anak tidur, dan sebagainya.

7. Jangan Lupa Istirahat dan Me Time

Tak hanya ibu yang butuh istirahat. Ayah pun juga butuh istirahat setelah bergantian peran mengurus anak. Jadi, buat kesepakatan dengan istrimu kapan kamu bisa me time dan istirahat. Kapan istrimu juga dapat waktu me time dan istirahat.

Itu tadi 7 tips penting untuk ayah baru agar bisa jadi ayah dan suami idaman. Gak cuma disayang istri, tapi juga disayang dan dikangenin anak. Unch banget kaaan?

Sempatkan quality time berdua dengan istri ketika anak tidur (haibunda.com)