7 Jajanan Asli Indonesia Berbahan Dasar Pisang, Bikin Ngiler!

7 Jajanan Asli Indonesia Berbahan Dasar Pisang, Bikin Ngiler!

Pisang adalah buah yang sudah familiar kita dengar, pasalnya buah pisang di Indonesia dapat berbuah setiap tahun tanpa terbatas musim dan itulah kenapa sebabnya kita sering melihatnya di pasar.

Buah ini disukai banyak orang, baik dimakan langsung maupun diolah terlebih dahulu sebagai camilan sedap. Tekstur pisang begitu lembut dan rasanya yang begitu khas apalagi jika sudah diolah menjadi camilan manis.

Ada banyak camilan pisang khas Indonesia yang enak dan proses pembuatannya cukup mudah sehingga siapa tahu kamu mau coba di rumah, tinggal cari resep di internet selesai deh.

Berikut ini adalal olahan pisang yang telah terkenal di Indonesia

1. Pisang goreng

Cemilan khas warkop, praktis dan enak! Perpaduan tekstur pisang yang lembut dengan baluran tepung yang renyah ini digemari banyak orang, dari warkop pinggir jalan hingga coffeshop tempat berkumpul anak indie dan edgy menu pisang goreng tidak susah untuk ditemui.

Bahkan pisang telah menjadi partner tak terpisahkan dari kopi tubruk, pasti kakek, atau om atau bapak kalian pernah terlihat menyeruput kopi bersama hidangan pisang goreng ini. Gaes bahkan pisang ini lebih indie dan eddgy daripada hindia dan feast lo.

2. Pisang molen

https://cdn.idntimes.com/

Yang tidak kalah terkenal adalah pisang molen, pisang yang dibalut adonan secara melilit lalu digoreng ini juga banyak digemari sebagai cemilan. Banyak variasi yang beredar, pakai isian coklat, pakai adonan red velvet, pakai topping parutan keju, admin aja nulisnya sambil ngiler nih.

Pisang molen ini penampakannya beragam, dari yang imut-imut agar bisa dimakan sekali hap, dan ada juga yang ukurannya agak besar seukuran lepek cangkir kopi. Ada yang gedean lagi gaes, tapi truk molen bukan molen pisang wkwkwk.

3. Pisang sale

https://cdn.idntimes.com/

Sale pisang masuk dalam kategori kripik-kripikan, berbeda dengan molen dan pisang goreng yang lebih enak dinikmati selagi hangat, sale pisang bisa dinikmati kapan pun karena tidak akan basi dalam jangka waktu pendek.

Bentuknya tipis dan panjang, warna pisangnya gelap karena sudah dijemur dan rasanya manis sedikit asam kulit pisang. Teksturnya keras dan renyah, yang menarik dari pisang ini adalah baluran rasa karamel dari gula pasir yang meleleh.

Ada juga yang warnanya keemasan dan suka ngelawak, namun bukan sale melainkan sule , hehe iya maap garing.

4. Pisang Nugget

https://cdn.idntimes.com/

Setelah membahas yang legend sekarang kita membahas yang viral, yakni pisang nugget. Sebuah olahan pisan yang dibubuhi tepung panir lalu digoreng lalu diberi aneka topping manis.

Yang membedakan dengan pisang goreng biasa adalah adonan tepung yang digunakan, pisang nugget ini menggunakan tepung roti sehingga rasanya lebih kresssh jika dikunyah.

5. Pisang coklat

Pisang yang sempat viral di sekitar tahun 2017-2019 ini menggunakan balutan kulit lumpia dan isian coklat yang leleh saat digoreng, lembutnya pisang dan lumernya coklat menjadi daya jual utama camilan ini.

Selain bisa didapatkan di abang-abang pinggir jalan, pisang ini bisa dibeli mentahannya di bunda-bunda frozen food, jadi kalian tinggal goreng aja deh di rumah biar lebih praktis dan irit.

6. Pisang geprek

Sesuai dengan namanya pisang ini proses pengolahannya hampir sama dengan ayam geprek, cuman bedanya pisang ini nggak digeprek di cowek batu bersama sambel bawang, namun cukup diberi topping manis-manis gitu.

Aku mau deh pisang geprek tapi toppingnya kamu ya, meses mah kalah jauh kalo adu manis sama kamu sayang hehehe.

7. Pisang bakar keju

https://cdn.idntimes.com/

Kalau biasanya kamu tahunya roti bakar, pisang bakar juga nggak kalah enak lo, apalagi di kasih topping parutan keju, aroma panggangan bersamaan dengan tekstur pisang bakar yang lembut tapi kress ini pasti bikin kamu ketagihan.

https://cdn.idntimes.com/