Peneliti Temukan Lubang Misterius Berisi Tulang Manusia di Arab Saudi

begini penampakan lubang lava yang berisi ribuan tulang

Peneliti menemukan sebuah lubah misterius di Arab Saudi yang berisi tulang manusia dan hewan. Lubang tersebut merupakan sistem saluran lava di bawah bidang vulkanik Harrat Khaybar.

Disebutkan lubang itu membentang sejauh 1,5 kilometer dan membuatnya menjadi lubang lava terpanjang yang ditemukan di Arab. Studi terbaru juga menyebutkan pera peneliti menemukan ratusan ribu tulang milik setidaknya 14 jenis hewan berbeda, seperti sapi, kuda, unta dan tikus, diantaranya juga terdapat tulang manusia.

“Tabung lava ini penuh sesak dengan ratusan ribu sisa-sisa hewan yang diawetkan. Namun alasan pasti mengapa tulang-tulang tersebut ada di sini belum diketahui,” ujar Matthew Stewart dikutip dari Science Alert.

Para ilmuwan berpendapat kumpulan tulang ini kemungkinan besar dikumpulkan oleh hyena belang, yang sisa kerangkanya juga ditemukan di dalam lubang. Bersama dengan kotoran fosil hewan tersebut.

“Makhluk-makhluk ini adalah pengumpul tulang yang rajin. Mereka mengangkutnya ke sarang untuk dikonsumsi atau disimpan,” jelas Stewart.

Lubang misterius berisi tulang. [Twitter]

Kerangka di lubang yang bernama Umm Jirsan ini telah terakumulasi selama 7.000 tahun terakhir, yang membuktikan kondisi sangat baik untuk pengawetan tulang di dalam lubang lava.

Terkait untuk tulang manusia yang bercampur di lubang tersebut, para ahli masih belum bisa menjelaskannya. Namun mereka berharap lubang ini dapat berfungsi sebagai kapsul waktu untuk menjelaskan paleoekologi dan prasejarah Arab Kuno.

Lubang misterius berisi tulang. [Twitter]