Dari Sebatang Lilin Aja, Kita Bisa Mendapat Beberapa Keajaiban Ini...

Siapa bilang lilin cuma dibutuhkan dalam kondisi darurat aja? Keajabannya banyak loh.

Apa sih yang terlintas di kepala kalian saat mendengar kata "lilin". Banyak sih, bisa pencahayaan, mati listrik, ulang tahun, api, pesugihan, candle light dinner, dan seterusnya. Fungsi yang paling umum dari sebatang parafin ini biasanya buat ulang tahun atau mati listrik sih.

Padahal di luar kegunaan tersebut, lilin punya banyak kegunaan lainnya. Mulai dari menghaluskan tangan sampai mengatasi ritsleting celana yang macet.

Udah yuk, kita simak aja deh beberapa keajaban yang didapatkan dari sebatang lilin doang.

1. Menyegel toples

Sebatang lilin dengan api yang menyala bisa digunakan untuk menyegel toples loh. Misalnya kalian baru bikin selai sendiri nih, kalian harus simpan di tempat yang rapat biar gak cepet basi tuh.

Biar tetep awet, kalian bisa melakukan trik ini. Masukkan selai ke dalam toples. Lalu, tuangin cairan lilin ke seluruh batas penutup toples. Nah, trik ini akan menjaga selai itu tetep segar. Coba deh.

Daripada basi, mending disegel pake lilin aja tuh toplesnya (mjskitchen.com)

2. Menyegel botol kaca

Kalo kalian butuh mengisi cairan, misalnya minuman yang dibikin sendiri, kalian bisa juga praktikkan model tadi. Tapi kali ini ke dalam botol kaca.

Cara menyegelnya adalah dengan mengoleskan cairan lilin di sekitar leher botol. Letakkan dengan benar dan pas mau dibuka juga gampang banget kok. Oke....

Botol kaca tinggal disegel aja pake lilin (draftmag.com)

3. Mengatasi ritsleting macet

Celana atau baju yang punya ritsleting dan udah lama gak dipake biasanya suka macet tuh ritsletingnya. Susah ditarik.

Tapi rileks aja gengs, lemesin. Kan ada lilin! Caranya gampang, tinggal ambil sebatang lilin dan gosok deh batang lilin itu ke sepanjang ritsleting yang macet tadi. Lilinnya gak usah dinyalain lho gengs. Lancar jaya deh pasti.

Gak ada masalah lagi ritsleting macet (thriftyfun.com)

4. Mengawetkan talenan

Talenan buat motong daging atau bahan makanan lainnya biasanya terbuat dari kayu tuh gengs. Karena gampang kotor, pasti kalian pengen kan tatakan itu gampang dibersihkan.

Gampang! Pake lilin gengs.... Caranya nih, cari aja lilin yang khusus buat makanan. atau food grade wax. Terus, oleskan aja di seluruh permukaan talenan. Diamkan 10 menit, terus bersihkan sisa lilin pake kain bersih yang kering.

Enak ya... lah, salfok. (ducarasa.com)

5. Pelumas buat laci, pintu, atau jendela

Laci, pintu, atau jendela di manapun kadang kan suka susah tuh kalo mau dibuka. Kalo ada butuh apa-apa gak bisa gercep kan repot tuh gengs. Kalem sih udah....

Kamu cuma perlu percayakan hal ini pada sebatang lilin doang. Gosokin lilin itu ke engsel pintu atau jendela. Kalo di laci, kita cuma perlu melancarkan gerak bukaan laci yang macet pake lilin. Prinsipnya sama kok dengan menggunakan lilin untuk mengatasi ritsleting macet tadi. Coba aja, gampang kok.

Udah, pokoknya coba aja dulu itu. Dari sebatang lilin doang, kita bisa mendapat beberapa keajaiban tersebut. Keren juga. Kalo udah abis, beli lagi, banyak kok di warung. Hehehe.

Kalo macet, pake lilin aja biar licin dan lancar (diynot.com)