5 Manfaat Mandi Sebelum Subuh, Cegah Berbagai Macam Penyakit

Nabi Muhammad SAW menyuruh seseorang untuk bangun pagi, mandi lalu salat subuh berjamaah di masjid. Apa manfaatnya?

Mandi pagi pastinya menjadi rutinitas wajib bagi sebagian besar orang, sebelum memulai aktivitas. Sayangnya, banyak orang yang mau melakukannya sebelum matahari terbit karena berbagai alasan. Namun tahukah kamu bahwa mandi sebelum subuh ternyata membawa berbagai manfaat untuk kesehatan?

Nabi Muhammad SAW menyuruh seseorang untuk bangun pagi, mandi lalu salat subuh berjamaah di masjid. Dan perintah Nabi tersebut ternyata banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Apa sajakah manfaat mandi sebelum  khusunya menggunakan air dingin untuk kesehatan kita?

1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat pertama dari mandi sebelum subuh yaitu melancarkan peredaran darah. Peredaran darah menjadi lancar jika kita melakukannya dengan menggunakan air dingin. Selain itu badan juga bisa menjadi segar dan sangat bermanfaat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Mengurangi Resiko Hipertensi

Manfaat Mandi Sebelum Subuh (via Liputan6)

Selain memperlancar peredaran darah, manfaat mandi sebelum subuh juga bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi, varises, dan pengerasan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan mandi dengan air dingin ketika sebelum subuh bisa memperlancar peradaran darah yang mengalir dalam tubuh.

3. Membersihkan Racun

Manfaat Mandi Sebelum Subuh (via Liputan6)

Manfaat mandi sebelum subuh berikutnya yaitu dapat membantu membersihkan racun-racun yang telah dikeluarkan oleh keringat dari tubuh kita. Karena racun dibuang dari sistem di dalam tubuh melalui keringat.

4. Meredakan Depresi

Manfaat Mandi Sebelum Subuh (via Yahoo)

Jika anda sering merasa depresi atau stress, cobalah melakukan mandi pagi sebelum subuh dengan menggunakan air dingin. Mandi sebelum subuh bisa menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan bisa meredakan depresi.

5. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat Mandi Sebelum Subuh (via Nakita)

Tidak banyak yang tahu jika mandi sebelum subuh bisa memberi efek positif bagi kesehatan reproduksi seseorang. Efek positif tersebut adalah meningkatkan produksi testosteron pada pria dan estrogen pada wanita yang berdampak pada peningkatan kesuburan dan gairah seksual.

Itulah manfaat mandi sebelum subuh yang belum pernah kita ketahui untuk kesehatan baik secara fisik maupun mental. Jadi, apakah kalian menjadi bagian dari orang-orang yang melakukan mandi pagi untuk sebuah rutinitas atau karena mencari manfaat dari mandi pagi sebelum subuh?

Manfaat Mandi Sebelum Subuh (via Hello Sehat)