Begini Nih Jadinya Kalau Bumi Datar, Masih Percaya?

mulai dari kehilangan oksigen hingga tanpa gravitasi, ini jadinya kalau kamu percaya bumi bulat

Perdebatan apakah bumi bulat atau datar memang tidak ada habisnya hingga saat ini. Bahkan sampai saat ini pun masih banyak orang yang percaya dengan adanya gagasan bumi itu datar. Teori Flat Earth atau teori bumi datar ini sebenarnya datang dari zaman sebelum Masehi di berbagai peradaban dan terus tersebar hingga saat ini.

Sementara itu buat kamu yang percaya kalau bumi itu datar, coba cek deh uraian dari Live Science tentang apa yang terjadi kalau bumi berbentuk datar. Yakin masih mau percaya?

Tidak Ada Gravitasi

Gravitasi terjadi pada bumi bulat dimana gravitasi menarik semua objek di permukaan manapun. Jika bumi datar maka gravitasi akan lenyap. Kalau ada gravitasi di bumi bulat akan menimbulkan beberapa fenomena aneh seperti menyedot semua air ke pusat dunia atau tanaman yang tumbuh secara diagonal karena berkembang dalam arah yang berlawanan dengan tarikan gravitasi.

ilustrasi pohon miring mengikuti arah gravitasi (miriadna.com)

Tak Ada Oksigen

Tanpa gravitasi, bumi datar tidak bisa menahan lapisan atmosfer akibatnya langit bumi akan berubah hitam karena sifat cahaya matahari yang tak lagi menyebar. Hal ini bisa mengakibatkan semua makhluk hidup terpapar ruang hampa udara di angkasa, dan semua makhluk hidup di bumi akan kehabisan napas dalam hitungan detik hingga jam.  Karena titik didih air mengikuti tingkat atmosfer, saat atmosfer rendah maka titik didih juga rendah sehingga air lebih cepat menguap.

atmosfer Bumi (phys.org)