5 Idol K-Pop yang Ternyata Punya Penyakit Mental

Tekanan yang berat membuat banyak artis Korea tertekan hingga mengalami depresi hingga gangguan mental. Siapa saja yang mengalaminya?

Menjadi bintang ternama di Korea Selatan bukan sebuah perkara mudah karena seorang idol dituntut untuk serba bisa. Alhasil, beberapa orang rela menjadi trainee untuk berlatih koreografi, menyanyi, sekaligus berakting. Bahkan setelah terkenal, perjalanan mereka tidak semudah kelihatannya karena ada tuntutan dari agensi dan penggemar.

Kondisi ini membuat banyak artis Korea tertekan hingga mengalami depresi. Seperti yang dialami oleh idol K-Pop berikut ini, yang secara gamblang menceritakan tentang gangguan kesehatan mental yang diidap. Siapa saja mereka?

T.O.P Big Bang

Member Big Bang satu ini memang sangat dikenal berbakat, tampan, dan populer. Namun di balik itu semua, seorang T.O.P hanya manusia biasa. Dia mengatakan pada semua para penggemarnya bahwa dia mengidap depresi dan gangguan kecemasan.

Leeteuk Super Junior

T.O.P Big Bang (Today Kpop)

Leader Super Junior ini mengaku pernah mengalami gangguan mental. Di dalam satu acara, Leeteuk mengaku mengidap impulsive, yaitu perubahan perilaku secara tiba-tiba. Selain itu, Leeteuk juga menderita narsistik di mana ia memiliki rasa bahwa dirinya sendiri sangat penting. Leeteuk juga sangat memperhatikan pemberitaan yang ada mengenai dirinya.

Jae Day6

Leeteuk Super Junior (Viva)

Tahun 2020 yang lalu, vokalis dan gitaris band Day6 mengungkapkan bahwa dirinya telah mengalami serangan panik. Pria kelahiran 1992 ini bahkan sampai memutuskan untuk hiatus sementara dari kegiatan bersama Day6 untuk fokus menjalani perawatan.

B.I ex IKON

Jae Day6 (via Era.id)

Kim Hanbin atau lebih dikenal dengan B.I diketahui cukup susah mengendalikan emosi ketika tampil di satu acara televisi. Ketidakstabilan emosinya ini ternyata dikarenakan B.I mengidap depresi dan gangguan kecemasan.

Han Jisung Stray Kids

B.I ex IKON (Tribunnews)

Pada tahun 2019, Han Jisung Stray Kids mengaku mengalami gangguan kecemasan. Walaupun hal tersebut tidak mengganggu penampilan saat bersama Stray Kids, namun Han tetap absen dalam kegiatannya grup tersebut untuk menenangkan diri.

Itulah beberapa nama beberapa Idol yang mengaku mengalami gangguan mental. Hal ini menyadarkan bahwa mereka juga manusia yang bisa mengalami hal yang sama dengan kita. Semoga para artis Korea itu bisa mengatasinya dengan baik, ya!

Han Jisung Stray Kids (Istimewa)