Akibat yang Muncul Karena Terlalu Banyak Makan Micin, Hmm...

Micin emang gak bikin kita jadi bodoh. Tapi efek langsungnya yang bikin kita merasa bodoh.

Kalian udah gak asing lagi pasti dengan micin. Nama ilmiahnya Monosodium glutamat (MSG). Ini adalah bumbu yang digunakan untuk penyedap rasa. 

Emang rasa makanan bakal jadi sedep sih kalo pake MSG atau micin ini. Cuman nih, paraahli kesehatan sering memperingatkan kalo bahan ini sebenernya berbahaya. Terutama untuk ibu hamil dan anak-anak.

Kalo kita menambahkan bahan ini ke masakan dalam jumlah sedikit sih it's okay. Tapi kalo kebanyakan, hmm... bisa berakibat buruk gengs. Apalagi kalo terus-terusan.

Biar tau apa aja akibatnya, simak dulu ulasan akibat yang muncul karena terlalu banyak makan micin berikut ini ya gengs.

1. Sakit kepala

Ini terjadi kepada mereka dengan indera pengecap yang sensitif. Orang dengan tipe ini biasanya langsung tau mana makanan yang mengandung kadar MSG tinggi atau rendah. Efek sampingnya emang muncul belakangan.

Paragengs tau gak? Ternyata MSG turut memperburuk kondisi para penderita migrain. Makanya, coba hati-hati milih makanan ya.

Kebanyakan makan micin bikin sakit kepala (ebay.com.au)

2. Bikin keringat berlebih

Mengonsumsi micin ternyata juga berakibat pada tubuh. Badan kita jadi lebih gampang memproduksi keringat. Ini bukan efek samping yang serius, tapi kan mengganggu penampilan. Apalagi pas mau ketemu pacar atau gebetan gitu. Duh!

Bikin keringat berlebih buat badan (szeretlekmagyarorszag.hu)

3. Kulit wajah jadi kaku

Akibat terlalu banyak mengonsumsi MSG bisa membuat bagian kulit wajah jadi kaku dan kencang. Beberapa laporan kesehatan pun menyebutkan bahwa sejumlah orang mengalami sensasi seperti terbakar. Mungkin untuk mereka yang sensitif ya di bagian 

Waduh, muka bisa kaku tuh (ipsingredis.com)

4. Tekanan darah

Gengs, tekanan darah kita juga bisa terganggu dan bermasalah tuh. Terutama kalo kita terlalu banyak dan terlalu sering mengonsumsi MSG.

Mengganggu tekanan darah juga bisa loh (everydayhealth.com)

5. Mual

Waduh... MSG bisa mengganggu kenyamanan di perut kita juga loh gengs. Terlalu banyak kadar micin dalam masakan bisa menimbulkan rasa mual. Apalagi kalo makanan yang dimakan gak sehat pula... ya, jangan sampe menderita begini ya gengs.

Bikin mual-mual gengs, waduh (bbc.com)

6. Sakit di dada

Ini bukan sakit karena 'perasaan'. Tapi karena berlebihan mengonsumsi MSG. Denyut jantung bakal bermasalah, termasuk bisa bikin denyut jantung gak teratur. Lebih parahnya lagi, kalian bisa sakit atau nyesek di dada loh. Nah lhooo....

Tuh, bahaya juga nih kandungan micin... (indianexpress.com)

7. Obersitas

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa MSG bisa mempengaruhi kerja pankreas dan kadar gula. Jadi secara gak langsung, kadar micin dalam makanan emang bikin enak sih. Tapi... kalo kebanyakan makan kan bikin kita jadi kegemukan tuh gengs. Nama lainnya obesitas.

Nah loh... (foodnavigator.com)

8. Mandul

Ini akibat yang paling ngeri sih. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa perempuan wajib menghindari penyedap makanan. Soalnya, kata para ahli, kemandulan yang dialami pada perempuan juga terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi MSG. Jadi pikir dua kali ya gengs.

Jadi ya itu dulu sih akibat-akibat yang muncul kalo kita terlalu banyak mengonsumsi MSG alias micin. Makanan jadi enak, tapi.... Ya pikir dua kali deh. Oke.

Ini efek lebih parahnya lagi, bahaya! (quora.com)