Hati-Hati! Begini Fakta Akibat Tergila-gila Drama Korea...

Rela deh menghabiskan waktu libur nonton drama Korea. Eits, hati-hati dengan kesehatan mata. Ternyata yang kelebihan tuh banyak akibatnya.

Romansa drama Korea itu bikin penontonnya ketagihan. Sampe rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan serial drama. Mungkin dianggap biasa saja tetapi ternyata banyak akibatnya. Apa itu?

1. Kesehatan mata terganggu

Tahun lalu, seorang wanita berusia 20 tahun asal Nanjing, Tiongkok, hampir kehilangan penglihatannya. Saking asiknya nonton dua judul drama hingga keterusan. Dua judul ini Descendants of the Sun dan Cheese in the Trap disikat selama 18 jam berturut-turut selama dua hari. 

Malapetaka itu bermula ketika wanita tersebut mematikan lampu kamarnya. Ia menonton drama dengan ponsel tablet-nya. Tak lama berselang, ia merasakan sakit kepala yang parah hingga menghentikan aktivitasnya dan mencoba tidur. Begitu terbangun ia tak kuat lagi menanggung rasa sakit pada kepala. Ditemuinya dokter dan dinyatakan glaukoma. 

Glaukoma merupakan penyakit yang merusak saraf optim mata. Menurut American Academy of Opthalmology, penyakit ini mengakibatkan cairan menumpuk pada bagian depan mata dan merusak saraf sekitarnya. Glaukoma mengakibatkan hilangnya penglihatan. 

2. Begadang menyebabkan serangan jantung

Buat kamu yang rela begadang karena nonton drama Korea harus segera mengubahnya. Seorang wanita usia 50 tahun asal Tiongkok dilaporkan terkena serangan jantung karena keseringan begadang nonton drama Love From Another Star

Wanita ini memiliki riwayat darah tinggi dan mengonsumsi obat dalam jangka waktu yang lama. Drama Korea memang bikin sentimentil dan menguras emosi. Ini ternyata tidak sehat jika ditonton oleh seseorang yang punya riwayat kesehatan seperti wanita ini. 

Saat menyaksikan drama kesayangannya, ia harus dilarikan ke rumah sakit. Setelah mengeluh merasakan sakit di dada, untungnya bisa diselamatkan. Tekanan darahnya mencapai 242/119. 

Hindari begadang demi nonton drama Korea ya! Kesehatan itu yang utama.

Wanita terkena glaukoma karena drama korea (thatsmags.com)

3. Kurang produktif

Kamu bisa lupa waktu jika terhanyut dengan cerita romansa. Nggak bisa dipungkiri, alur cerita yang matang dan diliputi data ilmiah. Tapi ini nggak sehat buat hari-harimu. Yang harusnya kamu rajin mengerjakan sesuatu yang produktif, terus jadi tertunda karena keasikan ngikutin drama. 

4. Kurang bersosialisasi

Setiap kali punya waktu luang hanya diisi dengan nonton drama. Biasanya paling semangat ngajak janjian kemana gitu. Tapi begitu udah di depan laptop jadi males kemana-mana. 

Waktu dihabiskan mengunci diri dalam kamar, ibu dicuekin. Adek dimarahin. Kakak cuma dianggukin. Ajakan teman cuma di-read doang. Lebih suka menyendiri dan nonton gelap-gelapan. Hati-hati, kamu bisa kehilangan kehangatan hubungan sosial lho. Bagi waktu deh, biar seimbang.

Begadang nonton drama (cnet.com)

5. Hidup di dunia khayalan

Plis, hidup itu lebih berwarna daripada drama Korea. Kisah cinta bisa mempengaruhimu sebesar-besarnya. Kamu bisa terobsesi punya kisah cinta yang menggemaskan seperti drama. Padahal, hidup ya hidup. Drama ya Korea jagonya. Tapi pisahkan antara cerita drama dan kisah nyata. Jangan sampai kamu terobsesi punya cerita cinta yang penuh romansa. 

Kamu rela begadang dan menghabiskan waktu demi drama Korea? Jangan deh, hidup itu indah maka manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.  

Mulai hidup di khayalan (kpoplike.com)