Selain Kris Wu, Deretan Idol K-Pop Ini Juga Terjerat Kasus Pelecehan Seksual

Mencuatnya kasus dugaan pelecehan seksual oleh Kris Wu kembali mengingatkan kita pada kasus lain yang juga menimpa pada idol K-Pop.

Korea Selatan yang terkenal dengan dunia hiburannya yang sangat apik ternyata juga memiliki sisi kelam. Di balik kepopuleran K-Pop yang berhasil menguasai dunia, ternyata ada beberapa kabar yang mengagetkan, termasuk salah satunya kasus yang menimpa Kris Wu, atau juga dikenal dengan Kris eks-EXO, baru-baru ini.

Mencuatnya kasus dugaan pelecehan seksual oleh Kris Wu kembali mengingatkan kita pada kasus yang sempat ramai di kalangan penyuka dunia hiburan. Selain Kris Wu, ternyata ada beberapa idol yang juga pernah mengalami skandal asusila. Siapa saja?

1. Seungri 'BigBang'

Pada tahun 2019, Seungri yang merupakan mantan personel BigBang sempat menjadi sorotan atas keterlibatannya dalam kasus Burning Sun. Dia ditetapkan sebagai tersangka karena telah menyediakan jasa prostitusi di kelab malam tersebut.

Namun hingga sekarang masalah Seungri belum tuntas karena ada beberapa kasus lain yang menimpanya. Dia tetap akan menjalani pengadilan militer dan dituntut 5 tahun penjara dan denda sekitar 20 juta won atau setara dengan Rp. 256 Juta.

2. Onew ‘SHInee’

Seungri 'BigBang' (via Liputan6)

Leader SHInee ini juga ternyata pernah tersandung kasus asusila di tahun 2017. Saat itu dia dituduh melakukan pelecehan seksual, yaitu dengan menyentuh beberapa bagian tubuh seorang wanita. Pelecehan tersebut diketahui dilakukan di sebuah kelab malam di daerah Gangnam pada bulan Agustus.

SM Entertainment, selaku agensi yang menaungi Onew, mengatakan bahwa saat itu yang bersangkutan sedang mabuk dan tidak sadar dengan apa yang sudah dilakukannya. Onew tidak dijerat hukuman tetapi sempat menulis permintaan maaf kepada para penggemarnya.

3. Kim Hyun Joong

Onew ‘SHInee’ (via Networth Height Salary)

Personel boygrup SS501 ini diduga telah melakukan kekerasan fisik dan verbal kepada mantan kekasihnya. Bahkan pemeran Yoon Ji Hoo dalam serial Boys Before Flower ini juga dituduh telah menghamili sang mantan kekasih. Kasus ini telah selesai pada tahun 2016 dan anak yang dikandung oleh sang mantan kekasih adalah benar anak dari Hyun Joong setelah melalui proses tes DNA.

4. Park Yoonchun

Kim Hyun Joong Idol K-Pop Ini Juga Terjerat Kasus Pelecehan Seksual (via Minews.id)

Penyanyi sekaligus actor Park Yoochun dituduh telah memperkosa 4 orang perempuan di toilet sebuah bar pada tahun 2016. Setelah melakukan beberapa pemeriksaan, Yoonchun terbukti tak bersalah dan sang wanita yang dijerat kasus pemerasan pada Yoonchun dan agensinya.

5. Jung Joon Young

Park Yoonchun (via Kumparan)

Setelah terungkapnya kasus yang menyeret nama Seungri, nama Jung Joon Young ternyata ikut terlibat dalam kasus yang sama. Penyanyi solo ini terbukti menjadi salah satu di antara grup chat Seungri.

Joon Young terbukti bersalah karena kerap membagikan foto serta video asusilanya di grup chat tersebut. Video dan foto dirinya yang sedang berhubungan badan dengan wanita tersebut diakui olehnya diambil secara diam-diam tanpa sepengetahuan sang wanita.

Penyanyi tersebut akhirnya mengakui perbuatannya dan mundur dari dunia hiburan setelah menuliskan permintaan maaf kepada para penggemarnya. Atas perbuatannya ini, Joon Young harus menjalani pemeriksaan di kantor polisi dan dijatuhi hukuman penjara.

Itulah beberapa skandal pelecehan seksual yang menimpa Kris Wu dan sejumlah idol lainnya. Beberapa telah berakhir dengan baik, namun ada pula yang masih dalam proses hingga saat ini.

Jung Joon Young (via Popbela)