Awas, 4 Bahan Kosmetik Ini Bisa Memicu Kanker, Sebaiknya Dihindari

Awas, 4 bahan kosmetik ini bisa memicu kanker, sebaiknya dihindari

Seperti yang diketahui, hampir seluruh jenis kosmetik pasti mengandung bahan kimia. Sebenarnya sebagian besar bahan kimia ini aman, namun ada juga yang berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kanker. Bila sering dipakai, kulit dapat menyerap zat-zat tersebut sehingga berbagai bahan kimia tersebut tanpa sengaja bisa masuk ke dalam tubuh. Beberapa bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam kosmetik dan sebaiknya kamu hindari, antara lain:

1. Formaldehida

Formaldehida merupakan salah satu bahan kimia yang sering kali dijumpai dalam makeup, lotion, sampo, sabun, bahkan cat kuku. Bahan kimia ini diketahui dapat menimbulkan rekasi alergi serta iritasi pada mata dan juga sistem pernapasan. Namun, melansir dari American Cancer Society, formaldehida yang terkandung dalam produk pelurus rambut memiliki potensi bahaya apalagi jika terhirup.

2. Karbon hitam

Produk maskara, eyeliner, dan lipstik banyak mengandung karbon hitam yang mungkin bersifat karsinogenik bagi manusia. Menurut International Carbon Black Association (ICBA), berdasar studi yang dilakukan pada tikus, paparan karbon hitam dapat menurunkan kapasitas paru-paru dan memicu kanker paru-paru.

3. Timbal

https://www.freepik.com/

Beberapa eyeliner tradisional, diketahui mengandung timbal dan logam berat lainnya. Jika terpapar zat tersebut secara terus menerus dapat meningkatkan risiko anemia, masalah ginjal, dan kerusakan neurologis.

4. Ftalat

Sebagian produk cat kuku, semprotan rambut serta wewangian biasanya mengandung ftalat. Bahan kimia ini diketahui dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, terutama yang bekerja bersama estrogen, seperti testosteron. Karena hormon yang tidak seimbang tersebut dapat berpotensi untuk menumbuhkan sel kanker, khususnya kanker payudara.

https://www.freepik.com/