Ngomong Sendiri Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental, Percaya?

Self-talk secara harfiah adalah berbicara sendiri. Walau terdengar aneh, namun ketika hal itu dilakukan secara berulang-ulang, maka akan membawa positif untuk diri kita.

Terlalu lama berada di masa pandemi pastinya membuat kita merasa tidak nyaman. Apalagi seiap hari mendengar berita tentang angka kasus yang semakin melonjak. Perasaan cemas yang semakin lama dipendam itu bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan mental kita.

Untuk itu, menerapkan pola pikir yang positif di tengah pandemi sangat penting karena dapat mengurangi tingkat kecemasan yang ada pada diri kita sehingga kesehatan mental kita tidak akan terganggu. Salah satu cara penerapan pola pikir positif adalah dengan melakukan self-talk. Apa itu?

Self-talk secara harfiah adalah berbicara sendiri. Walau terdengar aneh, namun ketika hal itu dilakukan secara berulang-ulang, maka akan membawa positif untuk diri kita. Hampir semua orang pasti pernah melakukan hal itu, entah di dalam hati atau secara langsung.

Self-talk adalah bentuk dialog internal yang terjadi dalam pikiran, namun beberapa orang dapat menerjemahkannya menjadi verbal. Tak jarang, hal ini dianggap aneh, akan tetapi justru membawa manfaat yang sangat bagus untuk kondisi psikologis. Kebiasaan “ngomong sendiri” menurut sebuah penelitian merupakan indikasi orang tersebut memiliki IQ di atas rata-rata.

Manfaat Self-Talk (via Alodokter)

Seorang psikoterapis Lisa Ferentz mengatakan bahwa pengungkapan pikiran dalam batin dengan suara keras dapat membantu mengontrol pikiran dan menjadikan sudut pandang seseorang menjadi lebih kritis. Selain itu bicara sendiri juga dapat membantu kita mengembangkan pandangan positif tentang diri mereka sekarang dan yang akan datang.

Lisa juga mengatakan bahwa dengan berbicara sendiri dengan suara yang keras membicarakan hal-hal yang positif pada diri kita sendiri akan memberi lebih banyak kekuatan dan keberanian sehingga kita dapat menghadapi hal yang menantang.

Manfaat Self-Talk (via Tribunnews)

Jadi jika hal tersebut jika dilakukan dengan porsi sewajarnya dan tidak dilakukan dengan suara yang sangat kencang seperti orang dengan gangguan kejiwaan ternyata tidak ada salahnya karena dengan melakukan hal seperti itu kita bisa membuat diri kita menjadi manusia yang lebih positif dan bisa menjaga kesehatan mental kita sehingga dapat terhindar dari segala penyakit.

Sudahkah kamu self-talk hari ini?

Manfaat Self-Talk (via Jateng Today)