Lokasi Menikmati Malam Satu Suro di Jawa

Malam satu Suro adalah malam utama bagi mitologi Jawa. Kamu mesti nyobain dateng dan melihat langsung salah satu warisan budaya Indonesia, nih.

Malam satu Suro punya banyak arti di mitologi Jawa. Malam satu Suro adalah malam sebelum tanggal satu Suro. Ada banyak ritual di malam itu. Utamanya di daerah yang masih menganut mitologi Jawa. Salah satu contohnya adalah tidak keluar rumah selama malam satu Suro.

Ada beberapa lokasi menikmati malam satu Suro di Jawa. Lokasi ini memang diisi dengan berbagai ritual khas. Berbagai ritual itu berfungsi untuk menghilangkan hal buruk yang ada. Nah, kalau kamu tertarik mencoba berbagai ritual itu, coba dateng ke sini:

1.Candi Belahan, Jawa Timur

Candi Belahan ada di Wonosuryo, Pasuruan, Jawa Timur. Di candi ini ada kolam dan sumber mata air.

Candi Belahan dipercaya sebagai lokasi bertapa Prabu Airlangga dan dua permaisurinya.

Setiap malam satu Suro, ada banyak orang datang ke lokasi ini untuk berendam semalam suntuk. Tradisi ini disebut 'kungkum'. Banyak orang percaya, kalau kungkum di sini, bisa bikin roh jahat hilang dari badan.

Area ini bisa jadi salah satu lokasi menikmati malam satu suro terbaik di Jawa Timur. Cobain dateng ke sini deh. Siapa tahu abis dari sini, bisa dapat dua pacar baru sekaligus. Kayak Prabu Airlangga.

Atau kamu juga bisa kungkum di sini. Lumayan, bisa ngilangin hal-hal jelek di dirimu. Sekalian uji kemampuan badan. Kalau semalam suntuk berendam dan baik-baik saja, berarti badanmu kuat. Tapi kalau semalam suntuk berendam dan badanmu sakit, artinya kamu perlu lebih sering berolahraga tuh.

2.Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai ini jadi salah satu pusat keramaian pas malam satu Suro. Kamu bisa datang ke sini buat ngelihat anek ritual malam satu Suro.

Sumber mata air di Candi Belahan. Cakep kan?! (indonesiakaya.com)

Salah satu ritual yang paling sering dilakukan adalah menyuci benda pusaka. Kamu bisa ngelihat banyak aneka jenis keris, tombak, dan banyak senjata antik di sini. Deretan senjata itu dicuci dan dibersihkan tiap tahunnya. Nah, malam satu Suro adalah malam menyuci berbagai senjata itu.

Kamu perlu sekali-kali datang ke Parangtritis pas malam satu Suro. Biar kamu tahu, bahwa pantai ini punya sisi magis dan ajaibnya. Area ini juga dipercaya sebagai salah satu lokasi favoritnya Nyi Roro Kidul. Jadi, jangan sembarangan pas dateng ke Parangtritis ya.

3. Stupa Sumberawan, Jawa Timur

Lokasinya ada di komplek Candi Singosari. Tepatnya ada di Malang, Jawa Timur. Di sini juga ada kolam dan sumber mata air. Jadi, ritual yang sering dilakukan di sini adalah kungkum semalam suntuk. Tapi selain kungkum, ada banyak ritual lain yang dilakukan.

Pemandangan Parangtritis. (jogjapost.com)

Area ini punya atmosfir dan daya magis berbeda dengan Candi Belahan. Makanya, area ini termasuk lokasi menikmati malam satu Suro yang berbeda. Apalagi sejarah Ken Dedes adalah sejarah pemeberontak. Kamu bisa jadi rebel nih kalau ke sini. 

Banyak orang percaya kalau area ini sering dipakai Ken Dedes untuk melakukan ritual yang sama. Makanya, banyak orang dateng ke sini. Berharap dapet berkah dan kemampuan seperti Ken Dedes. Kamu mau coba?

Stupa Sumberawan nih. Cobain ke sini dan jadi rebel deh. (timesbanyuwangi.com)