5 Kuliner Solo Favorit Presiden Jokowi, Rajin Disantap Saat Pulang Kampung

5 Kuliner Solo Favorit Presiden Jokowi, Rajin Disantap Saat Pulang Kampung

Kota Solo di Jawa Tengah memiliki ragam kuliner yang sudah terkenal. Presiden Jokowi yang berasal dari Solo ternyata memiliki tempat makan favoritnya. Biasanya saat pulang ke Solo, Jokowi sering mendatangi tempat-tempat tersebut.

Salah satu kerabat Jokowi, dilansir dari channel YouTube Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa setiap pulang ke Solo, Jokowi tak cuma rindu dengan keluarga tetapi kangen mencicipi makanan khas Solo. Beberapa makanan ini sering didatangi Jokowi.

1. Ayam Goreng Mbah Karto

Ayam Goreng Mbah Karto menjadi salah satu tempat makan yang dikunjungi Jokowi. Sri Sukarni mengatakan jika  Jokowi sering makan di tempatnya yang menjual ayam goreng. "Waktu pertama pak Jokowi mau makan di sini, saya bingung benar apa nggak ya, akhirnya benar dan saya senang,"kata Sri.

2. Soto Gading

Toni pemilik Soto Gading mengatakan jika soto daging memang banyak berada di Solo namun warung soto yang dia jual menawarkan banyak lauk-pauk untuk dimakan dengan soto. Jokowi pernah datang dan membuatnya bahagia. "Kalau Presiden sampai mau datang itu penghargaan tertinggi, tidak bisa diukur pakai uang,"ujar Toni.

Ayam Goreng Mbah Karto (YouTube Presiden Joko Widodo)

3. Soto Triwindu

Soto Triwindu menjadi makanan yang sering didatangi Jokowi dan keluarganya. Soto daging ini memiliki keistimewaan dalam urusan kuah yang nikmat dan sedap sehingga membuat para pengunjung termasuk Jokowi kembali datang ke tempat tersebut.

Soto Gading (YouTube Presiden Joko Widodo)

4. Sate Kambing H.Bejo

Jokowi ternyata menyukai menu sate. Ia pun sering datang ke warung Sate Kambing Haji Bejo. Di tempat makan itu dia makan mulai dari sate kambing, tengkleng, hingga gulai. Di mata pemilik warung makan, Jokowi memiliki sikap yang baik dan ramah pada semua orang.

Soto Triwindu (YouTube Presiden Joko Widodo)

5. Rumah Makan Adem Ayem

Rumah  Makan ini berdiri sejak tahun 1969. Menu makanan yang sering dipesan Jokowi adalah nasi gudeg dan bakmi goreng. Emmy Lies mengaku bangga rumah makannya didatangi Jokowi. "Pak Jokowi sederhana dan merakyat kalau datang,"ujarnya.

Sate Kambing H.Bejo (YouTube Presiden Joko Widodo)

Selain kelima tempat makan favorit Jokowi memang masih ada beberapa kuliner Solo lainnya yang sering dipesan oleh Jokowi setiap pulang ke kampung halamannya.Sejak masih menjabat Wali Kota Solo memang Jokowi sering makan di rumah makan atau warung makan di pinggir jalan.

Rumah Makan Adem Ayem (YouTube Presiden Joko Widodo)