Khasiat Nanas, Ampuh Buat Sistem Pencernaan dan Daya Tahan Tubuh

Mengapa nanas baik buat pencernaan dan daya tahan tubuh? Jika mau tahu khasiatnya harus tahu kandungan nutrisinya dong.

Semua buah di Nusantara pasti ada manfaatnya. Nanas tak terkecuali. Meskipun bentuknya yang berduri dan bikin gatal jika tidak dicuci air garam, tetapi khasiatnya menguntungkan. Jika kamu sering mengalami masalah pencercaan dan mudah terserang influensa, maka kamu harus mengkonsumsinya. Mengapa?

1. Mengandung enzim bromelain dan proteolitik

Dua enzim ini membantu usus memecah dan menyerap protein lebih banyak. Jika kamu punya masalah dengan penyerapan protein yang kurang, diare, atau sakit perut karena gangguan pencernaan maka kamu pantas mengkonsumsi nanas. 

2. Serat dapat melancarkan pencernaan

Semua tahu bahwa serat bisa memperlancar sistem cerna. Kamu jika mengalami sembelit, khasiat nanas paling pas. Kandungan serat yang cukup untuk memperbaiki masalahmu.

3. Kandungan bromelain menenangkan perut melilit karena masuk angin

Masuk angin ditandai dengan perut kembung dan terjadi tekanan gas. Sehingga kamu merasa perut melilit dan ada gas yang bergerak dalam perut. Ini bisa diredakan secara alami dengan nanas. Khasiatnya kok banyak ya?

4. Mengandung bromelain, vitamin C, mromelain yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh atau sistem imun jika menurun akan menyebabkan influenza, radang tenggorokan, hingga sesak napas. 

Bromelain dan vitamin C merupakan antioksidan yang bisa mengusir virus dan bakteri dalam tubuh. Sedangkan mromelain bisa menyembuhkan peradangan. Jadi bisa aman dong makan nanas segar atau jus? Tentu saja.

Wanita cantik dan khasiat nanas (woman.thenest.com)

5. Mengatasi rasa nyeri

Nanas bisa berkhasiat mengatasi rasa nyeri karena cidera otot. Binaraga dan atlet sering memanfaatkan buah nanas untuk persoalan ini. 

Jika seseorang mengalami nyeri sendi, juga bisa dengan mengkonsumsi buah nanas. Si buah yang punya mahkota berduri ini ternyata baik hati. Nanas bisa menyembuhkan nyeri sendi. 

6. Menyembuhkan dengan cepat

Ada kandungan yang sifatnya anti-inflamasi. Sifat ini termasuk berkhasiat menyembuhkan infeksi dan luka dengan cepat. Jika terluka, oleskan nanas yang dihaluskan. Awalnya memang terasa perih tetapi semua bakteri dan proses penyembuhan luka akan terjadi dengan segera. 

Jus nanas (freegratpicture.com)

Sesuatu yang dimakan berlebihan itu nggak baik. Nanas juga begitu, ada kok rekomendasi berapa banyak nanas aman dikonsumsi. Ada beberapa orang yang alergi dengan nanas. Jadi kamu mesti kenal sama alergen di tubuhmu ya. 

Saat mengkonsumsi nanas, kadang terasa gatal di bibir, lidah atau pipi bagian dalam. Ini disebabkan oleh daging nanas yang bersifat panas. Biasanya akan hilang selama beberapa saat. 

Enzim bromelain yang berlebihan tidak aman buat ibu hamil. Karena enzim ini bisa memicu kontrkasi rahim sehingga berpotensi mengalami keguguran. Tapi, tetap aman jika dimakan kurang dari setengah buah nanas. Selain ibu hamil, nanas aman dimakan maksimal sebanyak 2 buah.

Beef steak dengan nanas (diamondevents.com)