Ingin Memutihkan Gigi secara Alami? Konsumsi Saja 5 Makanan Ini

Ingin Memutihkan Gigi secara Alami? Konsumsi Saja 5 Makanan Ini

Memiliki gigi yang putih cerah adalah dambaan semua orang. Pastinya bikin senyum jadi makin menawan, bukan?

Namun bagaimana jika kamu menyukai minuman berwarna yang dapat membuat gigi kusam? Tenang aja gengs, ternyata memutihkan gigi bisa dilakukan secara alami, lho. Caranya pun mudah, yakni cukup dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Asupan sehat dan bernutrisi memang bisa memberikan kesehatan lebih pada tubuh, termasuk gigi. Kandungan vitaminnya bisa mencerahkan gigi yang terlihat kusam alias kekuningan.

Lalu, apa aja makanan yang bisa memutihkan gigi? Simak daftar berikut, ya!

1. Buah Stroberi

Buah kecil berwana merah yang satu ini memiliki kandungan enzim yang disebut asam malat. Kandungan inilah yang dapat membantu memutihkan gigi.

Caranya adalah dengan menghaluskan stroberi dan usapkan pada gigi. Biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air dan sikat serta benang gigi seperti biasa.

2. Buah dan Sayuran Renyah

Ilustrasi Makan Stroberi (KlikDokter)

Buah dan sayuran renyah seperti wortel, apel, dan lainnya dapat dijadikan penghilang noda alami dengan meningkatkan produksi air liur.

Hal ini berfungsi sebagai agen pembersih mulut sendiri. Buah dan sayuran itu juga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut, dan berfungsi untuk menggosok gigi hingga bersih.

3. Buah-Buahan Asam

Ilustrasi Sayuran Renyah (Berita Bersatu)

Makan buah-buahan asam seperti jeruk dan nanas dapat menyebabkan mulut menghasilkan lebih banyak air liur yang bisa mencuci gigi secara alami. Namun, harus diperhatikan kandungan asamnya dan tidak boleh berlebihan.

4. Olahan Susu

Ilustrasi Buah-Buahan Asam (SUNFLOWORDS)

Yoghurt, susu, dan keju merupakan olahan susu yang mengandung asam laktat. Kandungan ini dapat membantu melindungi gigi dari kerusakan.

Peneliti berpendapat bahwa protein dalam yoghurt dapat mengikat gigi dan mencegahnya dari serangan asam berbahaya yang menyebabkan gigi berlubang.

 Keju keras paling baik untuk memutihkan karena membantu menghilangkan partikel makanan juga.

5. Soda Kue

Ilustrasi Yogurt (IDN Times)

Bahan rumahan yang satu ini nggak cuma bisa dipakai sebagai campuran pembuat kue tapi juga dapat dijadikan sebagai obat pemutih gigi.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue dapat menghilangkan plak gigi lebih baik dari pada yang tidak memiliki kandungan soda kue.

Ilustrasi Soda Kue (KlikDokter)